Siap Tanam Padi MT 2, Ini Harapan Warga Petani Malaka Tengah

oleh -1.373 views

Betun, LikuraiOnline.com —- Warga petani lahan basah di Kecamatan Malaka Tengah siap menanam padi pada musim tanam ke dua tahun ini.

Sebagaimana terpantau di kawasan persawahan di Desa Wehali, Harekakae dan Kamanasa, Senin (17/06/2019) sebagian besar lahan sawah sudah dalam kondisi siap tanam.

Viktor Kehi, warga petani asal Wemalae, Desa Wehali ketika ditemui di lokasi sawah miliknya di Bakateu mengungkapkan, lahan miliknya sudah dalam kondisi siap tanam.

“Kondisi lahan sudah siap untuk tanam padi. Kita hanya tunggu sekutar sepuluh hari lagi supaya anakan padi agak besar. Ada yang lain suudah tanam karena lebih awal semaikan bibit”, ujar Viktor.

Viktor berharap, pasokan air yang lumayan baik saat ini tetap stabil hingga panen lebih baik dari musim tanam yang sama tahun kemarin.

“Harapan kita, air tetap seperti ini. Kalau tahun lalu, aliran air sedikit terganggu pada saat padi mulai berbulir sehingga hasilnya kurang maksimal”, tutur Viktor.

Viktor yang ditrmui ketika sedang memantau benih padi miliknya menambahkan, kendala yang biasa dihadapi adalah hama keong yang langsung memangsa benih padi.

Tetapi, menurut Viktor, hama tersebut bisa diatasi dengan penyemprotan pestisida.*(john germanus)