Sensus Penduduk Tahun 2020 Berbasis Online

oleh -833 views

Kupang, LikuraiOnline.Com–Sensus penduduk adalah pendataan terhadap seluruh penduduk Indonesia yang dilakukan sepuluh tahun sekali.

Pada tahun 2020 akan diadakannya sensus penduduk yang ketujuh kalinya untuk mengetahui jumlah penduduk yang ada di Indonesia. Sensus penduduk tahun 2020 akan mengalami perubahan yakni dilakukan secara online.

Perubahan sensus online dilakukan guna memanfaatkan teknologi dan juga untuk menghemat biaya.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Timur Maritje Pattiwaellapia, S.E, M.Si, di Hotel Sotis Kupang, Selasa, (24/9/2019).

Maritje  mengatakan  pada tahun 2020 sensus penduduk (SP) pertama kali menggunakan metode kombinasi (combined method) yang mengkombinasikan antara pencacahan metode tradisional dengan metode baru yang berbasis data penduduk dari Dukcapil.

Maritje mengungkapkan, pembaharuan data  akan dilakukan dari bulan Februari hingga Maret 2020 pada linkhttps://sensus.bps.go.id yang telah disediakan.

Namun untuk saat ini belum bisa dibuka karena masih dalam proses dimana seluruh data kependudukan indonesia masih diolah.

“Saat ini belum bisa dibuka karena masih dalam tahap persiapan termasuk penyiapan password bagi setiap orang yang akan menggunakannya,”kata Maritje.

Untuk mereka yang tidak memiliki akses karena tidak adanya ketersediaan jaringan maupun listrik dan sebagainya, maka petugas yang telah dipersiapkan akan mengunjungi setiap rumah untuk melakukan pendataan secara langsung menggunakan kuesioner.

Ia menambahkan, terdapat lima kabupaten di NTT yang sudah siap menggunakan metode CAPI pada SP 2020  yakni, Kota Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Kabupaten Ngada, Kabupaten Lembata dan Kabupaten Manggarai. (til*)