Rombongan Kaji Banding Akreditasi Puskesmas Dari Malaka di Terima Dinas Kesehatan Kulon Progo

oleh -1.373 views

Kulon Progo, LikuraiOnline.com —- Rombongan Pemerintah Kabupaten Malaka diterima Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo di Kantornya, Kamis (16/05/2019).

Rombongan Pemkab Malaka tersebut terdiri dari Asisten III Setda Malaka, Drs. Yos Parera, Kadis Ketahanan Pangan, Perikanan, Peternakan dan Perbatasan, Dr. Yohanes Bernando Seran, Kabag Kesra, Yayuk, Kadis Kesehatan, drg. Paskalia Frida Fahik bersama staf serta pimpinan dan staf empat puskesmas yang sedang magang di Kulon Progo.

Asisten III Setda Malaka, Drs. Yos Parera, pada kesempatan itu menyatakan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemkab Kulon Progo melalui Dinas Kesehatan yang telah memberikan ruang kepada Dinkes Malaka untuk belajar.

“Terimakasih berlimpah karena tanpa bosan sudah terima kami untuk belajar di Kulon Progo.

Harapan kami, semoga Pemkab dan Dinas Kulon Progo tidak bosan terima surat permohonan dari Malaka untuk belajar di sini”,  ungkap Parera.

Parera mengungkapkan, perhatian Pemkab Malaka dibawah mepemimpinan Bupati dr.Stefanus Bria Seran,MPH terhadap pelayanan kesehatan sangat besar.

Karena itu, Bupati Malaka senantiasa mendorong para pegiat di dunia kesehatan untuk terus belajar dan belajar.

“Bupati Malaka selalu mendorong kami untuk belajar dari hal-hal baik supaya ditiru dan belajar dari hal-hal yang tidak baik supaya tidak diulangi.

Terkait hal itu, Bupati Malaka telah meminta pendampingan dari dunia kampus, dalam hal ini Fakultas Kedokteran UGM dan Kabupaten Kulon Progo diminta untuk menjadi saudara yang bisa mendampingi dengan hal-hal baik yang lantas ditiru untuk dikembangkan di Malaka.

Kepada empat puskesmas yang sedang magang Parera menghimbau,  agar menerapkan hal-hal baik yang sudah dilihat dan dipelajari di Kulon Progo.

“Kalau puskesmas hanya menjadi tempat singgahan untuk menulis surat rujukan, apa gunanya membangun puskesmas? “,  tantang Parera.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Bambang Sudaryanto, SH mengaku bangga atas kemauan keras saudara-saudara dari Malaka untuk belajar.

Bambang berharap, kerja sama yang telah dibangun dapat dilanjutkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di bidang kesehatan.

“Kami juga bangga karena kesepakatan yang telah dibangun sejak tahun 2017 masih tetap berjalan, dan harapannya tetap berlanjut di waktu-waktu mendatang”,  ujar Bambang.

Rombongan tersebut didampingi Tim Pakar Kesehatan, dr. Seka dan Agus Bebok, MS dan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Emma Simanjuntak, SKM, MM, MScPH.*(john germanus)