Ribuan Penari Likurai Bakal Mengukir ETMC 2019 Malaka, Ketum Panitia: Banyak Nilai Terkandung Di Balik Ini

oleh -2.046 views

Betun, LikuraiOnline.com — Ribuan Penari Likurai dari berbagai usia mulai dari jenjang SD, SMP dan SMA serta SMK bakal menyemarakan acara pembukaan El Tari Memorial CUP (ETMC) 2019 di Lapangan Umum Betun, Kabupaten Malaka, Jumat (05/07/2019) mendatang.

Ketua Pelaksana ETMC 2019, Drs. Petrus Bria Seran, MM yang ditemui media ini ketika memimpin gladi tarian Lilurai masal tersebut di Lapangan Dekenat Malaka, Selasa (18/06/2019) mengungkapkan, ribuan penari likurai yang merupakan utusan dari semua sekolah yang ada di Kabupaten Malaka tersebut akan membentuk berbagai formasi.

“Ada formasi lima lingkaran simbol olimpiade, ada formasi tulisan ETMC 2019 dan ada formasi tulisan Malaka.

Kemudian para penari yang membentuk tiga formasi tersebut dibentengi barisan penari yang membentuk pagar ayu”, ungkap Petrus.

Selanjutnya, Petrus yang kesehariaannya mengabdi sebagai Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Malaka tersebut menandaskan, ada banyak nilai yang terkandung dibalik pelibatan ribuan anak seolah dalam kegiatan tersebut.

“Pertama, kita libatkan anak-anak dan pemuda dalam kegiatan yang sifatnya notabene meleatarikan kebudayaan kita orang malaka.

Kedua, kita membina mental anak untuk berani tampil di depan banyak orang. Pintar dan terampil saja tetapi kalau tidak berani tampil di depan banyak orang, apa yang bisa kita banggakan dari generasi-generasi kita?

Ketiga, ada nilai pelestarian tenun ikat kita. Ribuan penari ini akan mengenakan kain tenun kita.

Ini kesempatan bagi kita untuk memperkenalkan tenun ikat kita kepada daerah lain, sekaligus memberikan ruang usaha kepada para pengrajin tenun ikat kita untuk mengais keuntungan kita dari kegiatan ETMC ini”, jelas Petrus.

Selain tiga nilai yang telah disebutkan diatas, kegiatan yang melibatkan semua sekolah di Malaka ini bisa mempererat persatuan dan perasaudaraan di antara siswa dan guru.

“Ini melibatkan sekolah dari segala penjuru Malaka, sehingga bisa mempererat persaudaraan dan perasatuan di antara siswa dan juga guru”, tandas Petrus.

Pantauan media ini, ribuan siswa dan guru dari berbagai sekolah memenuhi kota Betun sejak pagi untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Info yang berhasil dihimpun media ini, gladi serupa akan dilaksanakan dua kali lagi, yakni tanggal 25 dan 30 Juni mendatang.*(john germanus)