Ribuan Pelayat Hadiri Misa Pemakaman Martin Bria Seran, Frans Skera: Engkau Dikelilingi Oleh Cinta

oleh -2.797 views

Betun, LikuraiOnline.com — Ribuan pelayat, termasuk Bupati Belu, Willy Lai dan jajarannya memadati kediaman Bupati Malaka di Haitimuk, Kecamatan Weliman untuk mengikuti rangkaian acara pakaman Martin Bria Seran, B.Sc, Selasa (25/06/2019).

Rangkaian acara pemakaman kakak sulung Bupati Malaka dan Ketua DPRD Kabupaten Malaka tersebut diawali dengan Perayaan Ekaristi Kudus yang dipimpin secara konselebrasi oleh 42 Imam.

Rm. Marsel Bria, adik kandung almarhum yang bertindak sebagai selebran utama, dalam homilinya mengajak hadirin untuk tetap memelihara dan memupuk perwaudaraan kristiani dalam kehidupan setiap hari.

“Dalam iman akan Kristus, kita semua yang banyak ini dikumpulkan menjadi satu. Kita berkumpul di sini dalam solidaritas persudaraan. Semoga solidaritas seperti ini tetap terpelihara dalam berbagai peristiwa hidup lainnya”, ujar Romp Marsel.

Frans Skera, dalam sapaan mewakili keluarga, mengatakan Marten Bria Seran orang yang unik dan sangat perhatian terhadap adik-adiknya.

“Ada pengalaman kecil ketika kami di Panti Rapih. Suatu ketika Martin ngos-ngosan menemui saya dan berkata, Kakak Frans, kita ke sana dulu, Yulius ada pukul orang”, kisah Frans.

Frans berkisah, beberapa hari sebelum meninggal, Martin curhat bahwa di masa tuanya, Martin ingin dimanjakan oleh adik-adiknya.

“Martin, engkau telah berbaring kaku, tetapi engkau kini dikelilingi oleh cinta. Engkau dikelilingi oleh orang-orang yang memcintaimu. Selamat jalan Martin”, ujar Frans.

Upacara Pemakaman secara dinas dihadiri oleh Bupati Belu, Wily Lay dan Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH serta jajaran pemerintahan dan Pimpinan TNI -Polri.

Upacara kedinasan tersebut diawali dengan penyerahan jenazah dari keluarga kepada Pemerintah untuk dimakamkan secara dinas, sebelum dilakukan pembentangan Bendera Merah Putih di atas peti jenazan.

Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH dalam amanatnya sebagai Pembina Upacara mengatakan, Martin Bria Seran telah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang kakak sulung.

“Tidak ada satu orangpun dari kami Sebelas adiknya yang bisa menyangkal kebaikan Kakak Martin. Juga saudara-saudara lain dari keluarga besar. Kami semua mengalami kebaikan kakak Marten”, kata Bupati Malaka.

Atas nama Pemerintah, Bupati Malaka memyampaikan terimakasih atas semua desikasi dan pengabdian tulus Martin Bria Seran sebagai Aparatur Sipil Negara dan sebagai Pejabat Daerah.

Jenazah almarhum Martin Bria Seran, B.Sc dimakamkan di Tempat Pemakaman Keluarga di Desa Haitimuk, Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka, Selasa (25/06/2019). Selamat jalan Bapak Martin Bria Seran, semua jasa baikmu akan selalu hidup dalam kehidupan kami.*(john germanus)