Rehab  35 Unit Rumah Di Desa Niti Mulai Dikerjakan

oleh -519 views

Betun, LikuraiOnline.com —- Pekerjaan Peningkatan Kualitas (PK) atau rehab 35 unit rumah dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2019 di Desa Niti, Kecamatan Rinhat telah dimulai.

Pantauan media ini, Selasa (01/10/2019), bahan bangunan berupa pasir kali sudah didroping ke lokasi pembangunan atau rumah penerima manfaat rehab rumah tersebut.

Agustinus Benu, mantan Kepala Desa Niti yang baru mengakhiri masa jabatannya April lalu menjelaskan, sosialisasi pembangunan 35 unit rumah tersebut sudah dilaksanakan sejak tahun 2018, ketika dirinya masih menjabat Kepala Desa Niti.

“Sosialisasinya dari tahun lalu. Untuk pengusulan penerima manfaat, waktu itu kita yang lakukan. Dananya dari DAK dan penyalurannya langsung kepada prmerintah manfaat. Warga buka rekening sendiri dan uangnya langsung disalurkan ke rekening”, ujar Agustinus.

Kepala Bidang Cipta Karya dan Perumahan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabuaten Malaka, Lukas Joseph Nahak, ST, ketika dihubungi melalui sambungan telepon sesularnya, Senin (01/10/2019) mengungkapkan, rehap rumah warga tersebut menggunakan total anggaran Rp.2,4 Miliar lebih untuk rehab 138 unit rumah warga.

“Jenis pekerjaannya adalah Peningkatan Kualitas (PK) atau rehab dengan pagu anggaran 17. 500. 000/ unit. Tahun ini ada 138 unit rumah, tersebar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Rinhat, Kecamatan Sasitamean dan Kecamatan Botinleobele”, ujar Joseph.

Pesebaran pembangunan 138 unit runah tersebut adalah, Desa Niti dan 35 unit lagi di Desa Biudukfoho, Kecamatan Rinhat, lalu 34 unit di Desa Builaran, Kecamatan Sasitamean dan 34 unit lagi di Desa Kereana, Kecamatan Botinleobele.*(john germanus)