Rapat Persiapan Pencanangan Bulan Eliminasi Kaki Gajah, Kadinkes: Di Malaka Terpantau 18 Penderita

oleh -796 views

Betun, LukuraiOnline.com — Penderita penyakit kaki gajah (Filariasis) terpantau masih ada di Kabupaten Malaka, walau jumlah yang terpantau hanya 18 orang.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka, drg. Paskalia Frida Fahik dalam rapat persiapan penyelenggaraan Pencanangan Bulan Eliminasi Tingkat Nasional di Aula Kantor Bupati Malaka, Rabu (25/05/2019).

“Penyakit kaki gajah atau Filariasis ini sudah langka di daerah lain. Di kita (Malaka, red) terpantau masih ada walaupun jumlahnya sangat sedikit, yakni 18 orang, yang tersebar di beberapa kecamatan”, ujar Frida.

Kondisi ini, lanjut Frida, menjadi tanggung jawab yang harus dijalankan pihaknya usai pencanangan bulan eliminasi kaki gajah yang rencananya akan dihadiri Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M (K).

Pencanangan Bulan Eliminasi Kaki Gajah tingkat nasional tersebut rencananya akan digelar di Lapangan Umum Kota Betun, Jumat (04/10/2019), Pukul 16.00 Wita atau Jam 4 sore.

Acara tersebut akan ditandai dengan pemberian obat pencegahan kaki gajah kepada 2 Ribu peserta berasal dari rakyat Malaka. Acara tersebut akan dihadiri ribuan Tamu VIP dari Kementerian Kesehatan, Kepala Daerah dan perwakilan dari Lembaga Internasional seperti WHO dan lain sebagainya.

Rapat persiapan yang digelar di Aula Kantor Bupati Malaka, Rabu (25/09/2019) tersebut dipimpin oleh Asisten 1 Setda Malaka, Drs. Zakarias Nahak dan Kadinkes Malaka, melibatkan Pimpinan Perangkat Daerah, Forkompimda, Tim Pakar Kesehatan, Direktur RSUPP Betun dan jajaran Dinkes Malaka.

Rapat tersebut membahas beberapa persiapan teknis seperti penjemputan tamu, persiapan penginapan dan lain sebagainya.*(john germanus)