Puskesmas Seon Gelar Pelatihan Dokter Kecil Bagi 60 Siswa SD

oleh -1.012 views

Betun, LikuraiOnline.com —- Puskesmas Seon di Kecamatan Malaka Timur menggelar Pelatihan Dokter Kecil bagi 60 Siswa dari 12 Sekolah Dasar (SD) di wilayah kerjanya.

Kegiatan pelatihan dokter kecil tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan sikap positif dan keterampilan peserta didik berkaitan dengan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Demikian diungkapkan Kepala Puskesmas Seon, Giovani Anderson Seran kepada wartawan disela kegiatan pelatihan tersebut, yang digelar di Aula Puskesmas Seon, Kamis (12/12/2019).

Selain tujuan umum tersebut, kata Giovani, kegaiatan pelatihan Dokter Kecil memiliki beberapa tujuan khusus, diantaranya, Memahami program UKS serta mengetahui tugas dan peran dokter kecil; dan Memberi informasi tentang kebersihan diri kepada teman-teman dan mampu memberikan pertolongan pertama (P3K) di sekolah.

Menurut Giovani, pelatihan dokter kecil penting dilakukan karena meningkatkan status kesehatan anak-anak sekolah dasar sehingga dapat merawat diri dan menjadi promotor untuk teman-teman lainya di sekolah apabila ada yg sakit.

“Masa depan bangsa ini, lebih khusus Kabupaten Malaka ada di pundak anak-anak sebgai generasi penerus. Oleh karena itu setiap murid harus memiliki sikap serta kebiasaan hidup sehat baik di rumah, sekolah dan masyarakat”, ujarnya.

Dia berharap, kegiatan tersebut mampu menjadikan siswa/i SD sebagai generasi mandiri dalam bidang kesehatan, dan menambah ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang dapat berperan sebagai dokter kecil, tugas dan kewajiban dokter kecil dan melaksanakan P3K di sekolah.

“Agar bisa menolong diri sendiri, menolong sesama di bidang kesehatan. Yang menjadi indikator utamanya adalah, orang sehat tetap sehat, dan orang sakit menjadi sehat”, harapnya.

Donatus Seran, S.Pd, guru pendamping dari SDI Taluru memgapresiasi kegiatan pelatihan, yang dinilainya sebagai suatu terobosan yang bagus, yang mana ada kerja sama antara sekolah dan Puskesmas Seon untuk dibuatkan program bersama.

“Program kerja sama yang baik sehingga kegiatan UKS dapat ditingkatkan secara berkelanjutan. Positifnya, anak-anak dilatih sebagai dokter kecil untuk hidup sosial dengan sesama dalam hal Pola hidup sehat”, ujar Donatus.

Kegiatan Pelatihan Dokter kecil ini diselenggarakan oleh Puskesmas Seon dengan Pemateri Dokter Puskesmas Seon, dr. Julyanti Anita Th. Hale Kehik. Beberapa tema materi yang dibawakan, diantaranya, Kesehatan Pribadi, Gizi Seimbang, Penyakit Menular, Kesehatan Gigi dan Praktek P3K.*(john germanus)