Puskesmas Oekmurak Terakreditasi Madya, Kadinkes Malaka: Semoga Berdampak Pada Pelayanan

oleh -857 views

Betun, LikuraiOnline.com — Puskesmas Oekmurak di Kecamatan Rinhat, Kabupaten Malaka telah menjalankan seluruh proses Akreditasi Puskesmas dan ditetapkan sebagai Fasilitas Kesehatan berstatus Madya.

Hasil Akreditasi Puskesmas Oekmurak tersebut disampaikan Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan pada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor: YM.02.01/VI.14/2019, tertanggal 20 Desember 2019.

Hal itu diungkapkan Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH melalui Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Malaka, drg. Paskalia Frida Fahik kepada LikuraiOnline.com di Betun, Jumat (27/12/2019).

“Kita sudah terima pengumuman hasil Akreditasi Puskesmas Oekmurak dan hasilnya Madya”, jelas Frida.

Kadinkes mengaku, pihaknya cukup puas dengan hasil yang dipereh Puskesmas Oekmurak. Karena itu, dirinya mengapresiasi kerja keras Pimpinan dan seluruh jajaran di Puskesmas Oekmurak untuk menghadirkan pelayanan yang berkualitas bagi masyarakat Malaka yang memanfaatkan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama tersebut.

Kadinkes berharap, pelayanan kesehatan di Puskesmas Oekmurak dapat meningkat sejalan dengan terakreditasinya Puskesmas tersebut.

Terpisah, Kepala Puskesmas Oekmurak, Yulius Seran Baboki mengungkapkan, pihaknya sangat berterimakasih kepada Bupati Malaka, Kepala Dinas Kesehatan dan Tim Pakar Kesehatan yang tanpa lelah membimbing dan mendampingi Puskesmas Oekmurak sehingga bisa meraih hasil Madya dalam Akreditasi yang baru dijalankan beberapa waktu lalu.

Yulius mengaku, program Performance Management and Leadership (PML) yang dijalankan Bupati Malaka melalui pola Sister Dinkes dan Sister Puskesmas antara Kabupaten Malaka dan Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) punya dampak besar terhadap raihan ini.

“Kita sudah belajar banyak dari sister kita di Kulonprogo. Ini tidak terlepas dari konsep brilian Bapak Bupati Malaka melalui konsep PMLnya.

Kita melihat yang sudah bagus di sana, kemudian kita pelajari dan ketika kembali ke Malaka kita kembangkan di Puskesmas kita”, ujar Yulius.

Diberitakan sebelumnya, Survei Akreditasi di Puskesmas Oekmurak dilaksanakan pada tanggal 11 Desember sampai dengan Tanggal 15 Desember 2019.

Status Madya Puskesmas Oekmurak akan berlaku sampai dengan Tanggal 10 Desember 2022, dan sesuai ketentuan, Puskesmaa Oekmurak harus melaksanakan Reakreditasi.*(john germanus)