Puskesmas Oekmurak Menatap Akreditasi

oleh -1.067 views

Betun, LikuraiOnline.com –— Puskesmas Oekmurak di Kecamatan Rinhat telah siap untuk akreditasi tahun ini. Semua persiapan, baik fisik maupun dokumen sudah siap.

Demikian diungkapkan, Drs. Willy Tokan dari Dinas Kesehatan Provinsi NTT yang diremui wartawan ketika melakukan penampingan persiapan akreditasi di Puskesmas Oekmurak, Selasa (24/09/2019).

Menurut Willy, sejauh pengamatannya selama dua hari pendampingan yang dilakukan di Puskesmas Oekmurak, dirinya berkesimpulan bahwa Puskesmas Oekmurak sudah siap untuk akreditasi tahun ini.

“Kita hanya mendampingi, artinya kita membantu mereka untuk mengecek sendiri sejauh mana persiapan yang sudah dilaksanakan dalam rangka Akrefitasi Puskesmas”, ujar Willy, yang datang ke Oekmurak bersama Kabid Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka, Ferry Fahik.

Kepala Puskesmas Oekmurak, Yulius Oktovianus Baboky, menjelaskan, pihaknya sangat optimis jika Puskesmas Orkmurak bisa terakreditasi.

Yulius mengaku, persiapan akreditasi ini merupakan suatu proses perjuangan panjang. Melalui kaj8 banding, pendekatan dengan lintas sektor dan sebagainya. Dan dalam hal ini, kata Yulius, pihaknya sangat mengapresiasi dukungan dari semua pihak, terutama Bupati Malaka, Kadikes Malaka dan jajaran, Tim Ahli Kesehatan, lintas sektor dan semua pihak yang telah mendukung.

“Ini proses yang panjang dan melibatkan banyak pihak. Karena itu, kami ucapkan limpah terimakasih kepada Bapak Bupati Malaka, Ibu Kadis dan jajaran dan semua pihak yang tanpa bosan-bosannya membantu kami”, ujar Yulius.

Yulius berharap, Puskesmas yang dipimpinnya tersebut dapat tetakreditasi sehingga meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat di 4 desa yang menjadi wilayah kerja Puskesmas Oekmurak, yakni Desa Orkmurak, Alala, Weain dan Naet.

Saat ini, tenaga medis dan para medis di Puskesmas Oekmurak terdiri dari 1 orang Kepala Puskesmas, 1 dokter umum, 6 Perawat dan 10 Bidan.

Sedangkan untuk menunjang pelayanan kepada masyarakat, Puskesmas Oekmurak memiliki 3 Ambulance. Dan untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang jauh dari Puskesmas, dibangun Polindes di Desa Alala dan Poskesdes di Desa Weain.*(john germanus)