Puskesmas Betun Gelar Lokakarya Mini Lintas Sektor

oleh -818 views

Betun, LikuraiOnline.com —– Puskesmas Betun, Kecamatan Malaka Tengah menggelar Lokakarya Mini Lintas Sektor, guna membahas berbagai permasalahan kesehatan yang ada di wilayah kerjanya.

Lokakarya Mini Lintas Sektor tersebut digelar di Aula Puskesmas Betun, Jumat (06/12/2019), melibatkan Pemeruntah Kecamatan Malaka Tengah, para kepala Desa di wilayah kerja Puskesmas Betun, Polri dan TNI.

Kepala Puskesmas Betun, Irene Tei Seran, kepada wartawan usai kegiatan tersebut mengungkapkan, inti dari Lokakarya Mini Lintas Sektor adalah adanya masukan seperti laporan program kesehatan dan dukungan lintas sektor terkait, intervensi masalah dan hambatan.

“Dalam Lokakarya Mini Lintas Sektor ini kita bahas berbagai peraolan terkait pelayanan kesehatan kepada maayarakat di wilayah kerja Puskesmas Betun. Sebab bagaimana pun juga, kesehatan ini bukan hanya tanggung jawab kita semata, tetapi membutuhkan kerja sama dan peran serta lintas sektor.

Irene menjelaskan, permasalahan kesehatan yang dibahas dalam mini lokakarya lintas sektor tersebut adalah masalah-masalah pokok, seperti promosi kesehatan, kesehatan lingkungan, Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), yang memiliki kendala tersendiri karena luasnya wilayah kerja dengan keadaan geografis yang sulit, seperti Desa Kakaniuk dan Desa Kateri.

Terhadap semua persoalan kesehatan dan kendala-kendala yang dihadapi dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat, tambah Irene, dicarikan solusi secara bersama-sama dengan Lintas Sektor yang ada.

Selain Pemerintah Kecamatan dan Desa serta Polri dan TNI, Lokalarya Mini Lintas Sektor tersebut dihadiri juga oleh pejabat yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka.*(john germanus)