Puskesmas Bani-Bani Siap Akreditasi

oleh -1.587 views

Yogyakarta, LikuraiOnline.com —– Satu dari Empat Puskesmas yang melaksanakan magang penguatan kapasitas berbasis kinerja di Kabupaten Kulon Progo, yakni Puskesmas Bani-Bani menyatakan siap akreditasi tahun ini.

Demikian diungkapkan Dokter Puskesmas Bani-Bani, dr. Kresna Wiratma ketika ditemui media ini di Yogyakarta, Jumat (17/05/2019).

Menurut dr. Kresna, walaupun dalam keterbatasan sarana dan prasarana, pihaknya terus berbenah diri untuk akreditasi demi meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat empat desa yang menjadi wilayah kerjanya.

“Dari segi sarana prasarana dan SDM memang kita masih terbatas. Tetapi kita tidak harus menyerah. Karena bagi kami, akreditasi itu bukan soal sarana prasarana tetapi bagaimana kita tahap-tahap pelayanan kepada masyarakat dilaksanakan dengan baik, sesuai dengan standar mutu pelayanan yang ada”, ujar Kresna.

Krisna menambahkan, Puskesmas Bani-Bani saat ini memilki 18 tenaga untuk melayani warga Desa Kufeu,  Ikan Tuanbeis,  Bani-Bani dan Fatoin.

“Kita punya satu dokter, 8 Bidan terdiri dari 4 bidan PNS dan 4 bidan sukarela serta 10 tenaga perawat administrasi dan lain-lain”, tambah dr. Kresna.

Terkait Revolusi Kesehatan Ibu dan Anak, Puskesmas yang dimekarkan dari Puskesmas Tunabesi tersebut tetap menjalankan program 2H2 Center yang saat ini sedang digencarkan Pemkab Malaka, yakni pemantauan terhadap ibu bamil agar semua proses persalinan terjadi di Puskesmas.

“Kita tetap jalankan Revo. Dua hari sebelum kelahiran, ibu bamil sudah berada di Puskesmas dan baru diantar pulang dua hari serelah melahirkan”, pungkas dr. Kresna.

Untuk info, Puskesmas Bani-Bani adalah satu dari empat puskesmas baru di Malaka yang sedang menjalankan proses akreditasi. Sedangkan 16 puskesmas lainnya di Kabupaten perbatasan ini telah terakreditasi.*(john germanus)