Puskesmas Babulu Utamakan Mutu Pelayanan Kepada Masyarakat

oleh -1.651 views

Kulon Progo, LikuraiOnline.com —- Puskesmas Babulu di Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka tetap utamakan kualitas pelayanan kepada masyarakat Desa Babulu dan Desa Babulu Selatan, Kecamatan Kobalima.

Hal itu diungkapkan Kepala Puskesmas Babulu, Beniqno Lopes ketika ditemui disela kegiatan magang di Puskesmas Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Kamis (15/05/2019).

Beniqno memjelaskan, saat ini Puskesmas Babulu hanya mempunyai 8 tenaga Pegawai Negeri Sipil dan dibantu dua tenaga sopir ambulance.

“Kami di Babulu ada 24 tenaga tetapi tenaga PNS hanya 8 orang dan dua sopir yang teda. Sedangkan sisanya adalah tenaga lepas atau yang biasa disebut suak rela”,  ujar Benigno.

Menurut Beniqno, Sejak Bulan Juli 2017 berpisah dari Puskesmas Namfalus, induknya, Puskesmas Babulu terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyrakat Babulu.

“Sebagai Puskesmas pemekaran, kita masih banyak keterbatasan, misalnya tenaga kita masih sedikit, belum ada dokter, tetapi kita tetap berusaha untuk berikan yang terbaik bagi pelayanan kepada masyarakat”, ujar Kapus Babulu.

Tahun ini, Puskesmas Babulu akan diakreditasi bersama 3 Puskesmas lainnya yang juga puskesmas pemekaran, yakni Puskesmas Alkani, Puskesmas Bani-Bani dan Puskesmas Oekmurak.

Terkait Revolusi KIA 2H2 Center, Beniqno menegaskan, pihaknya terus berupaya menekan angka kematian ibu dan anak dengan program melahirkan di Fasilitas Kesehatan.

“Walau tenaga bidan kita masih kurang tetapi kita tetap upayakan supaya semua kasus persalinan terjadi di Fasilitas Kesehatan sehingga kasus kematian ibu dan anak bisa ditekan sampai angka 0 persen”, pungkas Beniqno.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Puskesmas Babulu dan tiga puskesmas lainnya sedang mengikuti magang peningkatan kapasitas dalam rangka persiapan akreditasi di Kulon Progo, Daeran Istimewa Yogyakarta.

Puskesmas Babulu dan Puskesmas Oekmurak melaksanakan magang di Puskesmas Kalibawang, sedangkan Puskesmas Bani-Bani dan Puskesmas Alkani magang di Puskesmas Sentolo I.*(john germanus)