Provinsi NTT Jadi Tuan Rumah Rapat Koordinasi Nasional GT PPTPPO Tahun 2019

oleh -817 views

Kupang, LikuraiOnline.Com– Provinsi Nusa Tenggara Timur sebagai tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (GT PPTPPO) Tahun 2019.

Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemenhub PPA), Prof. dr. Vennetia R. Danes, M.Sc.,Ph.D pada  kegiatan Rakornas GT PPTPPO Tahun 2019 yang berlangsung dari tanggal 14-17 Oktober 2019 di Hotel Aston Kupang yang dihadiri oleh perwakilan dari setiap Provinsi, Kabupaten/ kota di seluruh Indonesia.

Prof. dr. Vennetia R.Danes menjelaskan, pada tahun 2019 GT PPTPPO telah berhasil memulangkan puluhan perempuan yang akan diberangkatkan menuju Tiongkok dan   penangkapan jaringan pelaku trafficking dengan modus pekerja migran ke negara Timur Tengah dan penangkapan trafficking untuk tujuan antar wilayah tertentu di Indonesia yang korbannya sebagian besar anak usia dibawah umur.

ia menegaskan selama tahun 2018, Bareskrim Polri menerima 95 laporan Polisi terkait TPPO dengan jumlah korban sebanyak 297 orang dengan rincian perempuan dewasa 190 orang (64%), anak perempuan 18 orang (6%), pria dewasa 79 orang (27%), dan anak laki-laki 10 orang (3%).

Sementara, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Ghafur Dharmaputra mengatakan usaha penanganan TPPO memerlukan strategi yang terstruktur, terukur dan saling bersinergi antar sektor yang membutuhkan peran pemerintah daerah dan masyarakat agar mengurangi bahkan tuntas menyelesaikan persoalan perdagangan orang.

Gubernur NTT diwakili oleh Staf Ahli Biro Politik Pemerintahan Drs. Samuel Pakereng, M.Si, menyampaikan terima kasih karena telah memilih NTT sebagai tuan rumah dalam melaksanakan Rakornas GT PPTPPO 2019 dan harus terus dilakukan pencegahan secara efektif dan tepat sasaran guna meningkatkan kapasitas perempuan serta menambah jumlah komunitas anti TPO untuk mendeteksi adanya potensi TPPO yang berada di wilayah NTT (Thilda).