Petani Malaka Tanam Jagung Musim Ke Dua

oleh -868 views

Betun, LikuraiOnline.com —— Warga petani lahan kering di Kabupaten Malaka sudah mulai tanam jagung untuk musim tanam kedua (MT 2), atau dalam bahasa setempat disebut ‘Batar Knau’.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) kabupaten Malaka, Ir. Yustinus Nahak, M.Si mengungkapkan hal itu ketika dihubungi melalui sambungan telepon selular, Jumat (26/04/2019).

Menurut Yustinus, warga petani yang sudah panen jagung musim tanam pertama (MT 1) telah menanam jagung musim tanam ke dua.

“Dari pantauan petugas di lapangan, sebagian besar petani sudah panen jagung MT 1. Sisa kurang lebih 200 Hektar saja.yang sedang dalam proses panen.

Dari semua lahan yamg sudah dipanen tersebut, hampir seluruhnya sudah ditanami kembali”, tutur Yustinus.

Yustinus menambahkan, hingga saat ini, stafnya dilapangan telah mendata lebih dari 1. 000 Hektar lahan telah ditanami jagung musim ke dua.

Karena itu, Yustinus optimis, target penanaman 2. 000 Hejtar jagung di musim tanam ke dua ini akan terlampaui, mengingat hampir keseluruhan 22. 000 Hektar lahan yang ditanami pada musim pertama telah dipanen dan petani terus mempersiapkan lahan untuk musim tanam ke dua.

“Kita harapkan petani kita tetap fokus melakukan penanaman di musim ke dua ini dengan memanfaatkan sisa curah hujan yang ada”, harap Yustinus.

Pantauan media ini, pada daerah-daerah pegunungan yang panen jagung musim pertama lebih awal, penanaman jagung musim ke dua di kebun-kebun warga sudah dilakukan sejak akhir bulan Maret.

Sementara di daerah pesisir, warga baru mulai menanam jagung musim ke dua.*(john germanus)