Petani Di Malaka Barat Senang Pasokan Air Irigasi Bendungan Benenai Kembali Lancar

oleh -1.025 views

Betun, LikuraiOnline.com —– Pasokan air irigasi Bendungan Benenai ke beberapa desa di hilir, seperti Desa Rabasa dan Desa Rabasa Haerain kembali lancar.

Keadaan ini dimanfaatkan dengan baik oleh warga petani pemilik lahan persawahan di Desa Rabasa dan Desa Rabasa Haerain untuk menanam padi pada musim tanam ke dua.

Beberapa warga yang ditemui di lokasi persawahan Desa Rabasa Haerain, Sabtu (27/04/2019) mengaku senang karena bisa tanam padi pada musim ke dua ini, setelah gagal tanam pada musim tanam pertama karena kurangnya pasokan air.

“Pada musim tanam pertama, air tidak jalan jadi kita tidak bisa tanam. Sekarang air sudah lancar jadi kita senang karena sawah kita bisa diolah kembali”,  ujar Bene Seran dan Simon Klau, warga Desa Rabasa Haerain.

Secara terpisah, Kepala Desa Rabasa, Edmundus Klau Berek, ketika ditemui media ini di kediamannya di Rabasa, Sabtu (27/04/2019) mengaku,  pasokan air irigasi bendungan Benenai ke wilayah desanya sudah kembali lancar.

Edmundus menjelaskan, 50 Hektar sawah di wilayah Desa Rabasa sempat tidak terolah karena kurangnya pasokan air selama musim tanam pertama tahun ini.

“Tetapi keadaan itu sudah berubah, karena pasokan air sudah kembali lancar”,  tutur Edmundus.

Warga berharap, pasokan air ke daerah hilir tersebut tetap stabil sehingga kurang lebih 100 hektar lahan sawah warga di dua desa tersebut tetap dimanfaatkan.*(john germanus)