Peringati Hari Kesehatan Nasional Ke-55, Dinkes Malaka Gelar Aneka Kegiatan

oleh -1.325 views

Betun, LikuraiOnline.com — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malaka menggelar aneka kegiatan seperti apel dan senam dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tingkat Kabupaten Malaka.

Aneka Kegiatan yang digelar dalam rangka meriahrayakan HKN ke 55 Tahun 2019 itu dipimpin langsung Kadinkes Kabupaten Malaka, drg. Paskalia Frida Fahik di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka, Selasa (12/11/2019).

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka mengatakan, tema HKN Ke-55 tersebut adalah Generasi Sehat Indonesia Unggul. Tema ini, demikian Menkes, adalah salah satu bentuk implementasi amanat Presiden Repunlik Indonesia, Ir. Joko Widodo tentang prioritas pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurut Menkes, ada dua isu kesehatan terkait pembangunan SDM, yakni stunting dan jaminan kesehatan nasional. Stunting masih menjadi permasalahan serius yang dihadapi masyarakat, walaupun dalam 5 tahun terakhir angka stunting telah berhasil diturunkan hingga 10 Persen.

Demikian juga jaminan kesehatan yang masih banyak menuai permasalahan. Jaminan Kesehatan seperti BPJS misalnya masih belum sempurna. Tetapi Menkes menandaskan, pihaknya akan terus berupaya memperbaikinya dengan menghadirkan inovasi-inovasi kesehatan yang lebih baik.

Dalam perspektif saat ini, lanjut Menkes, pembangunan kesehatan menekankan dua penguatan, yaitu optimalisasi inovasi layanan kesehatan dan harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan.

Optimalisasi inovasi layanan kesehatan dimaksudkan untuk mengefisiensikan tindakan-tindakan yang mahal dengan mengoptimalkan inovasi pelayanan kesehatan dan penyediaan obat dan alat kesehatan produk lokal dalam negeri tanpa mengurangi kualitas dan mutu.

Sementara harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan terkait konektivitas antar Kementerian dan lembaga, lintas sektor maupun unit-unit kerja lintas program terkait lebih ditingkatkan, agar tidak tumpang tindih, sehingga fokus pada pemecahan masalah kesehatan.

Peringatan Hari Keehatan Nasional ke-55 tersebut dihadiri Pejabat dan seluruh staf Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka.(john germanus)