Penyambutan Kontingen Persebi: Dijemput Di Lamea, Dijamu Di Kediaman Bupati Malaka

oleh -776 views

Betun, LikuraiOnline.com — Kontingen Persebi Bima, Nusa Tenggara Barat tiba di Rai Malaka, Kamis Malam (21/11/2019) untuk menjalani laga leg ke Dua Liga 3 Putaran Regional Bali – Nusa Tenggara versus PS ‘Manu Meno’ Malaka.

Kontingen Persebi yang tiba di Rai Malaka melalui jalur selatan dari Kupang, disambut berlapis oleh Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka, dengan melibatkan adat istiadat dan kekayaan seni budaya masyarakat Malaka, antara lain, Hase Hawaka (Sapaan Adat), Tarian Likurai (Tarian Penyambutan Pahlawan Perang) dan Bidu Lalok (Tarian penyuguhan siri pinang).

Di perbatasan Kabupaten Malaka dan Timor Tengah Selatan, tepatnya di Desa Lamea, Kecamatan Wewiku, kontingen disambut Asisten I Setda Malaka, Drs. Zakarias Nahak, Asisten III, Drs. Yosep Parera, Kaban Pengelola Perbatasan, Dr. Y. Bernando Seran, Kadis Sosial, Folgen Fahik, S.Pd dan beberapa Pimpinan Perangkat Daerah lainnya, serta Camat Wewiku, Manfred Yohanes Laak dan staf, Kapolsek Wewiku, Aparat Polri dan TNI, para Kepala Desa serta masyarakat se-Kecamatan Wewiku.

Rombongan tiba sekitar Pukul 21.20 Wita, disambut dan disapa secara kekeluargaan. Saling sapa dan basa-basi di tapal batas berlanjut dengan ayun langkah bersama menuju kediaman Bupati Malaka di Haitimuk, Kecamatan Weliman.

Di gerbang utama kediaman Bupati Malaka, Asisten II Setda Malaka, Silvester Letto, SH dan para Pimpinan Perangkat Daerah serta belasan remaja Putera dan puluhan penari Likurai menyambut kontingen dengan Hase Hawaka dan tabuhan gendang likurai. Paguyuban Keluarga Bima di Malaka juga ikut menyambut kontingen Persebi Bima.

Dari gerbang, rombongan berayun langkah menuju Pendopo Kediaman Bupati Malaka bersama iringan gendang Likurai. Di Pendopo, Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH, Ketua Askab PSSI Malaka, Adrianus Bria Seran, SH, Ketua dan para Anggota DPRD Malaka, Ketua TP PKK Kabupaten Malaka, Ny. Beatrix Bria Seran, Staf Ahli Bupati Malaka dan beberapa Pimpinan Perangkat Daerah lainnya.

Kontingen dikalungi sarung dan selendang Malaka, sebelum jamuan Makan Malam. Ketua Askab PSSI Bima Wahyu, yang memimpin rombongan Persebi pada kesempatan itu mengungkapkan, dirinya sungguh tidak membayangkan jika kehadiran mereka di Malaka akan disambut seperti ini.

“Jujur, kami merasa merinding. Kami tidak membayangkan akan disambut semeriah ini. Kami sungguh kehabisan kata-kata untuk mengungkapkan peristiwa ini.

Hanya ucapan terimakasih yang tak terhingga kami ucapkan kepada Bapak Bupati Malaka bersama jajaran serta seluruh masyarakat Kabupaten Malaka”, ungkap Wahyu.

Wahyu menambahkan, misi yang diemban kontingen Persebi Bima adalah misi persaudaraan. Menurut dia, bukan gelar juara yang dikejar, tetapi persaudaraan tersebut yang lebih diutamakan.

Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran MPH dalam sapaannya mengungkapkan kegembiraan seluruh Malaka menyambut kehadiran para saudara dari Nusa Tenggara Barat.

“Selamat datang di Malaka, tanah air Indonesia. Kita adalah satu Indonesia. Kita tidak terbagi-bagi tetapi kita bagi tugas.

Kami mendapat tugas untuk menjaga tanah air di sini, saudara-saudara mendapat tugas mengurus tanah air kita di NTB”, ungkap Bupati Malaka.

Bupati Malaka juga mengingatkan, bahwa sepak bola hanyalah sarana atau media untuk mempererat tali silaturahmi dan memperkokoh persaudaraan.

Usai ramah-tamah, kontingen dihantar ke Penginapan Kontingen di Kota Betun, oleh pemkab dan Paguyuban Bima di Malaka.*(john germanus)