Pengelolaan Dapodik Pendidikan Anak Usia Dini Harus Jujur Dan Akurat

oleh -1.084 views

Betun, LikuraiOnline.com —– Pengelolaan Data Pokok Pendidikan Anak Usia Dini (Dapodik PAUD) harus menggunakan data yang cepat, lengkap, valid, akurat, akuntabel dan up to date.

Hal ini dikarenakan, Dapodik sangat berpengaruh terhadap pengambilan kebijakan, misalnya terkait dengan sarana dan prasarana, tentunya harus disesuaikan dengan realitas agar kebijakan ke depannya tepat sasaran.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Malaka, Drs. Petrus Bria Seran, MM melalui Kepala Seksi (Kasie) Kurikulum Dan Pendidikan Non Formal pada Bidang Paud dan Dikmas, Yanuarius Bere pada kegiatan Workshop PKG Paud Wewiku di Gedung PAUD Gabriel Wanibesak, Sabtu (30/11/2019).

“Dapodik itu berkaitan dengan kebijakan-kebijakan pembangunan di bidang pendidikan, terutama di bidang Pendidikan Anak Usia Dini. Karena itu, pengisian dan pengiriman dapodik itu sangat penting, dan diharapkan, menggunakan data yang jujur dan akurat”, ujar Yanuarius.

Yanuarius juga mengingatkan para pengelola dan operator agar secara rutin megisi dan mengirim dapodik karena, sesuai dengan petunjuk, NPSN PAUD yang bersangkutan akan dibekukan jika dapodik tidak dikirim selama 4 Semester.

Terkait Kurikulum, Yanuarius mengungkapkan, Kurikulum anak usia dini berisi seperangkat kegiatan belajar melalui bermain yang dapat memberikan pengalaman langsung bagi anak dalam rangka mengembangkan seluruh potensi perkembangan yang dimilki oleh setiap anak.

Tujuan pengembangan kurikulum adalah untuk mengoptimalkan perkembangan anak secara menyeluruh serta terjadinya komunikasi interaktif. Karena itu, kurikulum bagi anak usia dini haruslah memfokuskan pada perkembangan yang optimal pada seorang anak melalui lingkungan sekitarnya yang dapat menggali berbagai potensi tersebut melalui permainan serta hubungan dengan orang tua atau orang dewasa lainnya.

Maka, seharusnya kelas-kelas bagi anak usia dini merupakan kelas yang mampu menciptakan suasana kelas yang kreatif dan penuh kegembiraan bagi anak.*(john germanus)