Pencanangan Nasional BELKAGA, Menkes: Puskesmas Ibarat Penjaga Gawang

oleh -1.206 views

Betun, LikuraiOnline.com — Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp. M (K) membuka Pencanangan Nasional Bulan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA) di Lapangan Umum Kota Betun, Jumat malam (04/10/2019).

Pencanangan Nasional BELKAGA tersebut dihadiri oleh Menkes, Dirjen kesehatan Masyarakat dr. Anung Sugihantono, M.Kes, Sekda Provinsi NTT, Ir. Ben Polomaing, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Malaka, Lembaga Internasional, Para Bupati / Wali Kota, Kadinkes Provinsi NTT dan jajaran, Bupati Malaka dan Jajaran serta 2 ribu lebih Warga Malaka.

Menteri Kesehatan, dalam sambutannya mengungkapkan, Puskesmas hendaknya menjadi garda terdepan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan.

“Puskesmas itu ibarat penjaga gawang. Kita harus menjaga daerah kita. Puskesmas itu tugasnya bukan mengobati tetapi menyadarkan masyarakat bahwa sehat itu penting”, tandas Menkes.

Terkait pencanangan bulan eliminasi kaki gajah tingkat nasional, Menkes mengajak semua yang hadir untuk mensukseskan eliminasi kaki gajah dengan menelan obat yang dapat diperoleh di Puskesmas terdekat.

“Satu hal sederhana untuk mengeliminasi kaki gajah adalah kebiasaan tidur pakai kelambu. Sebab penularan penyakit kaki gajah atau filariasis adalah melalui gigitan nyamuk filaria”, ujar Menkes.

Sekda Provinsi NTT, Ir. Benediktus Polomaing, dalam sambutannya mewakili Gubernur NTT, mengungkapan, pencanagan bulan eliminasi kaki gajah merupakan awal komitmen untuk mewujudkan indonesia bebas kaki gajah.

Menurut Sekda, tantangan di dunia kesehatan saat ini adalah mempersiapkan manusia Indonesia yang sehat jasmani dan rohani. Karena itu, Sekda mengapresiasi para pejuang kesehatan yang tanpa kenal lelah melayani kesehatan.

Sementara, Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH, dalam sapaannya mengungkapkan kegembiraan Pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Malaka karena ditunjuk menjadi tempat kegiatan tingkat nasional tersebut.

Menurut Bupati Malaka, Pemerintah dan rakyat Kabupaten Malaka siap menjalankan dan mensukseskan program nasional tersebut.

Pencanangan Nasional Bulan Eliminasi Kaki Gajah tersebut ditandai dengan pemukulan Bibiliku oleh Menkes, Bupati Malaka, Sekda Provinsi NTT dan beberapa pejabat lainnya.

Usai pemukulan Bibiliku tersebut, acara pencanangan dilanjutkan dengan penyerahan obat pencegah kaki gajah oleh Menkes kepada Bupati Malaka dan minum obat pencegah kaki gajah oleh Menkes, Sekda Provinsi, Bupati Malaka dan diikuti oleh para pejabat dan warga yang hadir.*(john gernanus)