Pemkab Malaka Usulkan Peningkatan 7 Ruas Jalan Kebupaten Untuk Dibiayai Dengan DAK

oleh -2.165 views

Betun, LikuraiOnline.com —- Pemerintah Kabupaten Malaka, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengusulkan pengaspalan 7 Ruas Jalan Kabupaten ke pemerintah Pusat untuk dibiayai dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2020.

Tujuah ruas jalan tersebut adalah Ruas Jalan Balibo (Kecamatan Sasitamean) – Raimea (Io Kufeu), Simpang Kamaradek – Nanebot (Rinhat), Kereana (Botin Leobele) – Kaputu (Sasitamean), Boas (Malaka Timur) – Wemasa (Kobalima), Numponi (Malaka Timur) – Manulea (Sasitamean), Biuduk Foho – Tafuli – Wekeke (Rinhat) dan Umakatahan (Malaka Tengah) – Lamudur (Weliman) – Naimana (Malaka Tengah).

Kepala Dinas PUPR, Ir. Yohanis Nahak, ketika ditemui media ini di ruang kerjanya di Betun, Kamis (26/09/2019) mengungkapkan, pihaknya telah mengusulkan pengerjaan 7 ruas jalan tersebut kepada Pemerintah Pusat agar bisa diakomodir dengan Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Ada 7 ruas jalan yang sudah kita usulkan ke pemerintah pusat untuk dikerjakan dengan DAK. Itu ada 2 ruas jalan hotmiks dan 5 ruas jalan lapen”, ungkap Yohanis.

Dua ruas jalan yang diusulkan untuk dihotmiks adalah ruas jalan Boas – Wemasa sepanjang 3 Kilo Meter dan ruas jalan Biuduk Foho – Tafuli- Wekeke sepanjang 7,3 Kilo Meter.

Sedangkan 5 ruas jalan yang diusulkan adalah Balibo – Raimea sepanjang 8 Kilo Meter, Simpang Kamaradek – Nanebot sepanjang 2 Kilo Meter, Kereana – Kaputu sepanjang 3 Kilo Meter, Numponi-Manulea sepanjang 4 Kilo Meter dan Umakatahan – Lamudur – Naimana sepanjang 1,8 Kilo Meter.

“Kita sudah usulkan dan harapan kita bisa diakomodir, karena memang rakyat membutuhkan jalan-jalan tersebut”, tandas Yohanis.

Yohanis berharap, usulan peningkatan 7 ruas jalan tersebut dapat diakomodir sehingga dapat mempercepat peningkatan infrastruktur jalan di Kabupaten Malaka.*(john germanus)