Pemkab Malaka Terus Genjot Kualitas Pelayanan Kesehatan

oleh -1.394 views

Betun, LikuraiOnline.com — Pemerintah Kabupaten Malaka, melalui Dinas Kesehatan, terus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka, drg. Paskalia Frida Fahik kepada awak media usai menghadiri pengresmian gedung baru RSUPP Betun, Jumat (05/04/2019).

Paskalia menjelaskan, upaya meningkatkan mutu pelayanan tersebut di antaranya melalui penyediaan sumber daya manusia (SDM), penyediaan sarana prasarana serta akreditasi Puskesmas yang ada.

“Untuk penyediaan sumber daya manusia meliputi jumlah, kualitas dan penyebarannya. Saat ini, 20 Puskesmas yang ada di Malaka sudah memiliki tenaga dokter.

Sedangkan untuk tenaga bidan dan perawat, memang kita masih kekurangan jumlah tetapi kita sudah upayakan untuk menambah, misalnya lewat perekrutan tenaga kontrak daerah”, ujar Paskalia.

Sementra terkait peningkatan kualitas SDM, beberapa tahun terakhir ini Pemkab Malaka menyekolahkan tenaga yang semulanya hanya Diploma 1 ke Diploma 3 dan Strata 1.

Terkait sarana prasana, Pemkab berusaha menyediakan prasarana yang nyaman, melalui pembangunan Puskesmas berstandar Nasional.

“Saat ini kita sudah punya 8 puskesmas yang gedungnya berstandar Nasional, dan tahun ini akan dibangun lagi dua, yakni Puskesmas Weliman dan Puskesmas Tafuli. Jadi kita masih punya pekerjaan rumah untuk 10 Puskesmas lagi”, jelasnya.

Dua puluh Puskesmas yang tersebar di 12 Kecamatan tersebut saat ini hampir semuanya sudah terakreditasi.

“Sudah 16 dari 20 Puskesmas yang ada sudah terakreditasi. Empat yang lainnya kita upayakan untuk akreditasi dalam waktu dekat ini”, pungkas Paskalia.*(john germanus)