Pemkab Malaka Siapkan Bibit Kacang Hijau 6, 25 Ton Untuk Musim Tanam Tahun Ini

oleh -1.165 views

Betun, LikuraiOnline.com –— Pemerintah Kabupaten Malaka melalui Dinas Tanaman Pangan,  Holtikultura dan Perkebunan sedang  mengadakan lelang pengadaan bibit kacang hijau yang merupakan salah satu komoditas RPM sebanyak 6, 25 ton kepada masyarakat untuk musim tanam kacang hijau tahun ini.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Tanaman Pangan,  Holtikultura dan Perkebunan, Ir. Yustinus Nahak, M,Si kepada media ini di Betun, Sabtu (30/3/2019).

Menurut Yustinus jumlah bibit tersebut akan didiatribusikan kepada kelompok tani yang ada di empat kecamatan di dataran rendah Malaka.

Empat kecamatan tersebut adalah Kecamatan Wewiku, Kecamatan Malaka Barat, Kecamatan Weliman dan Kecamatan Malaka Tengah.

“Target pendiatribusiannya adalah 4 kecamatan di dataran rendah, karena wilayah-wilayah tersebut yang biasa tanam kacang hijau pada musim tanam ke dua.

Sedangkan wilayah lain di pegunungan,  biasanya tanam kacang hijau di musim tanam perama atau akhir November sampai awal Desember”, jelas Yustinus.

Yustinus menambahkan, dengan bibit kacang hijau sebanyak itu, Pemkab Malaka menargetkan penanaman kacang hijau seluas 250 hektar, dengan perkiraan 25 Kilo Gram per hektar.

Untuk info, Revolusi Pertanian Malaka (RPM) yang dicanangkan Pemerintahan SBS-DA meliputi 8 komoditas, yakni jagung, padi, ubi kayu, pisang, bawang merah, itik, kambing dan ikan bandeng.*(john germanus)