Pantau Magang Di Kulon Progo, Asisten III Setda Malaka: Karena Dampingannya Kami Sudah Dapat Terang

oleh -1.624 views

Kulon Progo, LikuraiOnline.com —- Asisten III Setda Malaka, Drs. Yos Parera memantau kegiatan magang Dinas Kesehatan malaka dan empat Puskesmas di Kabupaten Kulon Progo, Provinsi DIY, Kamis (16/05/2019).

Asisten III yang hadir sebagai Wakil Ketua TPAD Kabupaten Malaka didampingi Anggota TPAD yang juga Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perimakanan, Peternakan dan Perbatasan, Dr. J. Bernando Seran dan Kabag Kesra Setda Malaka, Yayuk.

Kehadiran rombongan Pemkab Malaka di Puskesmas Sentolo 1, Kamis (16/05/2019) disambut Kepala Puskesmas Sentolo 1 dqn stafnya, serta Kadis Kesehatan Kabupaten Malaka bersama rombongan magang dari Malaka.

Asisten III, Drs. Yos Parera ketika didaulat untuk menyampaikan kesan dan pesan mengungkapkan, rombongan yang dipimpinnya datang ke Kulon Progo untuk memantau langsung kegiatan rombongan dari Malaka yang sedang menambah wawasan di Kulon Progo.

“Kami datang untuk melihat sendiri manajemen pelayanan kesehatan dasar di puskesmas-puskesmas yang ada di Kulon Progo, bukan mendengar dari ceritera”, ujar Yos.

Menurut Yos, sebagai kabupaten baru, Kabupaten Malaka berjalan dalam kegelapan, termasuk pelayanan dasar di bidang kesehatan.

“Kami sebagai Kabupaten baru harus terus belajar banyak hal. Bapak bupati Malaka selalu mendorong kami supaya tidak malu belajar dan bertanya, serta tidak malu untuk meniru hal-hal yang baik.

Setelah melihat pelayanan yang ada di sini, saya pikir banyak hal yang harus kami rubah di Malaka, supaya bisa memberikan pelayanan yang baik kepada warga di perbatasan”, tandas Yos.

Yos berharap, hubungan baik yang sudah terbina selama beberapa tahun ini bisa dilanjutkan, tidak terputus sampai di sini.

Dr. Yohanes Bernando Seran pada kesempatan yang sama menyampaikan pesan Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH kepada Pemkab Kulon Progo terkait dua peristiwa yang terjadi di Kulon Progo pada waktu yang hampir bersamaan.

‘Pertama, Bapak Bupati Malaka menyampaikan turut blasungkawa atas berpulangnya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo.

Bapak Bupati Malaka juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Kulon Progo yang diangkat menjadi BKKBN”, ujar Bernando.

Bernando juga menyampaikan apresiasi atas sumbangan Kulon Progo terhadap akreditasi 20 Puskesmas di Malaka.

“Kesan bersih dan sejuk langsung menyapa kami di tempat ini. Penunjuk arah yang ada disetiap sudut membantu memberikan pelayanan yang paripurna”, ujar Bernando.

Bernando berharap, pelayanan yang baik dan semua ilmu yang sudah ditimba dapat diterapkqn di Malaka untuk pelayanan yg baik kepada masyarakat.

Kepala Puskesmas Kulon Progo, dr. Susilo Prayetno menyampaikan apresiasi dukungan Pemerintah Kabupaten Malaka terhadap pelayanan kesehatan melalui kehadiran utusan Pemkab Malaka.

Menurut Susilo, akreditasi puskesmas sejatinya bukan masalah gedung fisik tetapi sejauh mana tahapan-tahapan pelayanan dapat diterapkan.*(john germanus)