Nilai Penyelenggaraan Pemilu 2019 Berjalan Baik, Pimpinan Parpol Di Malaka Himbau Warga Tetap Jaga Ketertiban Umum

oleh -1.609 views

Betun, LikuraiOnline.com —- Sejumlah Pimpinan Partai Politik di Kabupaten Malaka menilai penyelenggaraan Pemilu 17 April 2019 di Kabupaten Malaka sudah berjalan dengan baik.

Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Malaka, Adrianus Bria Seran, SH yang ditemui di Haitimuk, Sabtu (04/05/2019) mengungkapkan, Pemilu 17 April di Kabupaten Malaka sudah dijalankan tahap demi tahap sesuai mekanisme yang ada.

Menurut Adrianus, sejak tahap pencalonan, pendataan pemilih, masa kampanye hingga pencoblosan dan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan, pihak penyelenggara Pemilu sudah menjalankan tupoksinya sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kita salut dengan kinerja penyelenggara Pemilu di Malaka, dalam hal ini KPUD dan jajarannya di tingkat bawah karena sudah menjalankan tugasnya dengan baik selama proses pemilu ini berlangsung”, tutur Adrianus.

Adrianus yang juga Ketua DPRD Kabupaten Malaka tersebut menghimbau kepada massa pendukung Partai Golkar dan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Malaka untuk tetap tanang, menjaga ketertiban sambil menunggu penetapan akhir oleh penyelenggara.

“Himbauan kita kepada kader, simpatisan dan massa pendukung Partai Golkar untuk tetap sabar nennggu hasil penetapan dan menerima hasil penetapan itu sebagai hasil dari sebuah rangkaian proses yang sudah berjalan dengan baik dan benar”, ujar Adrianus.

Secara terpisah, Sekretaris Partai Denokrat Kabupaten Malaka, Paulus Tolan yang ditemui disela-sela Rapat Terbuka Rekapitulasi Penghitungan suara tingkat Kabupaten, Sabtu (04/05/2019) menuturkan, pihaknya menilai baik peran penyelenggara Pemilu yang telah menyelenggarakan Pemilu dengan aman dan lancar.

“Pemilu sudah berjalan dengan aman, jujur dan adil sesuai yang diamanatkan Undang-Undang. Ini tentu tidak terlepas dari kerja keras penyelenggara, dari tingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa hingga TPS. ni tentu kita beri penghargaan setinggi-tingginya”, tandasnya.

Paulus berharap, masyarakat tidak terprovokasi dengan opini-opini yang berkembang liar di tengah masyarakat, sifatnya mau menciderai seluruh rangkaian pemilu di Kabupaten Malaka yang kita nilai tidak ada kecurangan, berjalan jujur adil transparan dan demokratis.

Hal senada dikemukakan Ketua DPD Partai Berkarya Kabupaten Malaka, Robertus Klau.

Menurut Robertus, Dirinya sebagai pimpinan Parpol di Malaka mendukung penuh pihak penyelenggara pemilu di Kabupaten Malaka, dalam hal ini KPUD dan Bawaslu untuk menyelesaikan tahap akhir dari rangkaian panjang peoses yang melelahkan ini.

“Bahwa secara umum Pemilu di Kabupaten Malaka ini sudah berlangsung dengan aman, tertib, jujur, adil dan transparan.

Karena itu kita dukung supaya penyelenggara bisa selesaikan tugasnya dengan baik”, pungkas Robertus.*(john germanus)