Muscab IBI Malaka, Ketua IBI NTT Ajak Bidan Hasilkan Generasi Sehat

oleh -1.158 views

Betun, LikuraiOnline.com — Tantangan untuk para Bidan saat ini tidak hanya menurunkan angka kematian ibu dan anak tetapi juga bisa mengawal supaya perempuan bisa menghasilkan generasi sehat, berkualitas dan produktif.

Demikian pesan Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat sebagaimana diteruskan Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) NTT, Damita Palalangan, AMd. Kep, SKM., M.Hum pada Musyawarah Cabang Dan Pengukuhan Pengurus dan Anggota Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Malaka di Glory Hall Betun, Selasa (03/12/2019).

“Bapak Gubernur (NTT,red) pernah sampaikan krpada kami bahwa bidan tidak hanya turunkan angka kematian ibu dan anak tetapi juga bisa mengawal supaya perempuan-perempuan kita bisa menghasilkan generasi-generasi yang sehat, berkualitas dan produktif”, ujar Damita.

Untuk mencapai maksud tersebut, kata Damita, para bidan harus mengupdate ilmu pengetahuan supaya bisa memberikan pelayanan yang lebih baik.

Bidan harus bisa meyakinkan diri utk mengembangkan diri sesuai perkembangan ilmu pengetahuan.

“Dalam setiap daur kehidupan, bidan diharapkan hadir di sana. Bidan dituntut supaya bisa menghasilkan generasi yang sehat, baik jasmani maupun mental”, tambah Damita.

Pada kesempatan tersebut, Ketua IBI NTT mengukuhkan IBI Malaka, yang ditandai dengan pengukuhan 245 bidan di Malaka.

Ketua IBI NTT berharap, sumpah yang diucapkan para bidan bukan hanya lafal semata tetapi mempunyai makna, yakni memberikan keamanan dan kenyamanan terhadap masyarakat yang dilayani. Bidan harus berkarakter.

Kepada para pengurus IBI Malaka yang baru terbentuk, Damati berpesan agar bisa melakukan konsolidasi profesi dan membantu anggota yang mengalami kendala salam tugas pelayanan.

Di akhir penyampaiannya, Damati mengapresiasi perhatian Pemkab Malaka dibawah kepemimpinan Bupati dr. Stefanus Bria Seran, MPH (SBS) terhadap Capacity Building para tenaga kesehatan, termasuk para Bidan.*(john germanus)