Masyarakat Desa Saenam, Kabupaten TTU Giat Budidaya Jeruk Lokal

oleh -1.832 views
Jeruk yang di budidaya oleh Masyarakat Desa Saenam, Kabupaten TTU

TTU,LikuraiOnline.Com–Masyarakat Desa Saenam, Kecamatan Miomaffo Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara komitmen untuk budidaya jeruk lokal guna meninkatkan ekonomi keluarga.

Budidaya jeruk lokal di Desa Saenam sangat menjanjikan karena jeruk lokal tahan terhadap serangan hama dan pengembangannya sangat mudah.

Kepala Desa Saenam, Yohanes Fobia saat ditemui wartawan Selasa (20/06/2019) mengatakan, rata-rata disetiap rumah tangga di Desa Saenam budidaya jeruk lokal  karena iklimnya sangat mendukung  sehingga jeruk bisa tumbuh dengan subur dan dapat menghasilkan buah berlimpah.

Ia mengatakan, masyarakat desa Saenam setiap musim panen dapat menjual hasil panen jaeruk untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga dan menyekolahkan anak-anak ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Hasil  penjualan jeruk masyarakat bisa memenuhi kebutuhan ekonomi dan memenuhi kebutuhan pangan dengan begitu bisa menyekolahkan anak. Setiap pohonnya masyarakat bisa mendapat keuntungan mencapai Rp. 2 Juta,” Jelas Yohanes.

Soal pemasaran kata dia, masyarakat dapat menjual jeruk di pasar-pasar yang ada di Kabupaten TTU maupun ke Kota Kupang.n  “Masyarakat biasanya menjual hasilnya ditingkat desa maupun di Kabupaten lain maupun di Kota Kupang,” ujarnya. (Isto Santos).