Lebih Dari 74 Persen Warga Malaka Peserta JKN-KIS

oleh -1.525 views

Betun, LikuraiOnline.com — Sudah lebih dari 74 persen  masyarakat Kabupaten Malaka terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan / JKN-KIS.

Hal itu diungkapkan Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Malaka, Meny Elison Seran kepada media ini di ruang kerjanya di Betun, Kamis (28/3/19).

Menurut Elison, sampai dengan Maret 2019, peserta JKN-KIS di Malaka sebanyak 143.029 jiwa sedangkan yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sebanyak 49.389 Jiwa dari total penduduk Malaka yang diterima dari Pemerintah Pusat sebanyak 192.418 Jiwa.

“Dari total jumlah penduduk Kabupaten Malaka yang kami terima dari Disdukcapil pusat sebanyak 192.418 jiwa, sudah 74, 33 persen terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

Jadi masih ada sekitar 49.389 jiwa yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS”, jelas Elison.

Para peserta JKN-KIS di Malaka terdiri dari tiga segemen, yakni penerima bantuan iuran Pemerintah Pusat melalui APBN, Pekerja penerima upah baik pegawai negeri maupun swasta dan peserta mandiri.

“Pesertanya dari semua segmen. Kalau soal kepesertaan yang kartunya ditanggung APBN jumlahnya mencapai 127.550 jiwa , sedangkan peserta mandiri rata-rata berimbang di tiga kelas, yakni kelas I, II dan III”, jelas Elison.

Walaupun presentasi kepesertaan di Malaka sudah cukup besar, namun menurut Elison, pihaknya tetap melakukan gebrakan dengan melakukan sosialisasi untuk terus merekrut peserta.

“Kita tetap lakukan promosi dan sosialisasi dengan berkunjung ke badan usaha-badan usaha yang ada di Kabupaten Malaka untuk rekrut peserta baru”, jelas dia.

Selain itu, tambah Elison, pihaknya terus membangun komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Malaka untuk mengintegrasikan program pelayanan kesehatan gratis yang digalakkan Pemkab Malaka dengan JKN-KIS.*(john germanus/user).