Kelompok Wanita Tani Dirma Di Malaka Timur Produksi Aneka Sayuran Segar

oleh -1.292 views

Betun, LikuraiOnline.com — Kelompok Wanita Tani Dirma di Desa Dirma, Kecamatan Malaka Timur mengembangkan budidaya aneka sayuran segar, seperti kangkung, sawi, tomat dan terung.

Kelompok tani yang diketuai Yasinta Sin tersebut beranggotakan 30 wanita, yang nota bene ibu rumah tangga, yang punya kemauan untuk meningkatkan ekonomi dan taraf hidup keluarganya.

Yasinta Sin, Ketua Kelompok Wanita Tani Dirma mengatakan hal itu kepada wartawan di lokasi kebun sayurnya di Dirma, Jumat (06/12/2019).

Menurut Yasinta, Sang Pencipta telah menganugerahkan tanah yang subur dan kaya, yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran manusia.

“Tuhan sudah kasih kita tanah yang subur, karena itu kita harus mensyukurinya dengan cara mengolah tanah itu untuk hidup kita”, ujar Yasinta.

Terkait itu, Yasinta dan 29 temannya sangat mengapresiasi kebijakan pemerintah, yang sudah memfasilitasi kelompoknya untuk memgembangkan usaha budidaya sayur tersebut.

“Atas nama teman-teman kelompok, saya ucapkan terimakasih berlimpah kepada pemerintah yang sudah bantu kami untuk mengembangkan usaha ini. Mulai dari penyediaan bibit hingga tenaga pendamping yang selalu setia memberikan pendampingan kepada kami”, ujar Yasinta.

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Malaka, drh. Rofinus Seran Bria, yang dikonfirmasi melalaui Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, Vetriadi As Manek, SE membenarkan, Kelompok Wanita Tani Dirma dan 14 Kelompok Wabita Tani lainnya di Kabupaten Malaka memdapatkan fasilitasi yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), yang disalurkan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan.

Selain budidaya sayuran, setiap kelompok difasilitasi untuk beternak ayam kampung super. Diperkirakan Kelompok Wanita Tani Dirma sudah akan panen ayam di Januari 2020. Kelompok ini juga rencananya akan difasilitasi untuk budidaya Lele Jumbo.*(john germanus)