Kehadiran Tambak Garam Mendongkrak Pendapatan Masyarakat Desa Rabasa

oleh -2.114 views

Betun, LikuraiOnline.com — Kehadiran pilot project tambak garam industri di pesisir Wemean, Desa Rabasa, kecamatan Malaka Barat sudah membawa dampak langsung terhadap peningkatan pendapatan masyarakat desa tersebut.

Hal itu dikatakan Kepala Desa Rabasa, Edmundus Bere Klau kepada media ini di Rabasa, Minggu (17/3/2019).

Menurut Edmundus, proyek percontohan ladang tambak garam industri seluas 32 hektar di wilayahnya menyerap 32 tenaga kerja lokal, warga Desa Rabasa.

“Ada 32 orang warga Rabasa yang direkrut untuk bekerja di tambak garam dengan upah 1 Juta Empat Ratus Ribu Rupiah.

Jadi ada penambahan pada pendapatan masyarakat sekitar 40 Juta lebih. Ini tidak seberapa, tetapi untuk ukuran kita di Rabasa sini lumayan  dan sangat membantu”, jelas Edmundus.

Edmundus menambahkan, kehadiran tambak garam yang memanfaatkan tenaga lokal juga berdampak pada menurunnya angka pengangguran.

Karena, menurut dia, sebagian warga yang direkrut perusahaan tambak garam tersebut sebelumnya belum mempunyai pekerjaan tetap.

Terkait pemberhentian sementara aktifitas di tambak garam beberapa waktu belakangan ini, Edmundus mengatakan, para pekerja teknis seperti operator terpaksa dirumahkan.

Beberapa tenaga kerja yang dirumahkan oleh pihak investor berharap, persoalan yang berhubungan dengan masalah tambak garam ini cepat berakhir sehingga mereka dapat bekerja lagi.

“Kita ini hanya bekerja. Kita tidak tahu soal masalah yang selama ini terjadi terkait tambak garam ini.

Yang jelas, selama kita kerja di tambak garam ini kehidupan kita jadi lebih baik”, ungkap pekerja yang minta namanya tidak disebut.

Untuk info, pilot project (proyek percontohan) ladang tambak garam industri yang dikelolah investor PT. Inti Daya Kencana (IDK) di Wemean, Desa Rabasa seluas 32 hektar.

Proses pengerjaan ladang pilot project tersebut memanfaatkan bekas tambak ikan milik warga.

Informasi yang berhasil dihimpun media ini, proses pengerjaan pilot project ini dilaksanakan sejak tahun 2015. *(jgs/user)