Kebetuhan Air Bersih Warga Desa Kusa Segera Terjawab

oleh -2.710 views

Betun, LikuraiOnline.com —- Kesulitan warga Desa Kusa, Kecamatan Malaka Timur untuk mendapatkan air bersih ditanggapi serius Pemerintah Kabupaten Malaka.

Kepala Bidang Cipta Karya dan Perumahan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Lukas Joseph Nahak, ST yang ditemui wartawan di ruang kerjanya di Betun, Rabu (24/04/2019) menjelaskan, Pemkab Malaka akan merealisasikan program sambungan rumah bagi warga Desa Kusa.

“Untuk warga di Desa Kusa, realisasinya satu paket dengan yang di Desa Wemeda. dan dalam waktu dekat ini sudah dikerjakan”, tutur Joseph.

Secara terpisah, Kepala Seksi Air Bersih pada Bidang Cipta Karya, Martho Dilak, ST ketika dikonfirmasi di Kantornya di Betun, Kamis, (25/04/2019) mengungkapkan, total rumah yang akan menerima manfaat program ini adalah 250 rumah.

“Untuk Desa Kusa ada 100 rumah, sedangkan 150 rumah lagi di Desa Wemeda”, tutur Martho.

Sumber air untuk dua Desa itu diambil dari Sumber air yang sama, yakni sumber air Oe Bat di Desa Nauke Kusa, Kecamatan Malaka Timur.

“Kita sudah cek sumber airnya dan ternyata debitnya cukup besar, yakni 2, 5 liter per detik. Sehingga harapan kita, bisa mencukupi.

Selain itu, kita pilih Oe Bat karena letaknya di ketinggian sehingga bisa terjadi penghematan di peneliharaan”, pungkas Martho.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, total dana yang diperuntukkan bagi program sambungan rumah air bersih di Desa Wemeda sebesar 1, 1 Miliar Rupiah.

Total dana tersebut akan menjawabi kebutuhan air bersih bagi 250 rumah. Dari jumlah ini, dibagi untuk dua warga dua desa, yakni 150 rumah di Desa Wemeda dan 100 rumah diDesa Kusa.*(john germanus)