KAYD II, Orang Muda Katolik Bhakti Sosial Bersihkan Sampah di Besikama

oleh -755 views

Betun, LikuraiOnline.com — Orang Muda Katolik (OMK) dari dua Dekenat yang sementara live in di Paroki Besikama, melakukan aksi “bersih-bersih sampah” di sekitaran jalan umum Besikama, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, Selasa (24/9/2019).

Aksi perang melawan sampah itu dikawal langsung oleh pastor Paroki Besikama Rm. Cyrilus Timo, Pr dan Pastor Moderator Rm. Fransiskus Naikofi yang juga Ketua live in kegiatan akbar Keuskupan Atambua Youth Day (KAYD II) yang berlangsung di Malaka sejak 22 September dan akan berakhir tanggal 28 September 2019.

“Rancangan kegiatan hari ini menjadi bagian dari aksi kepedulian terhadap lingkungan sekitar dengan tujuan menjaga kebersihan wilayah Besikama dari tumpukan sampah”, ungkap Romo Frans.

Anak-Anak Muda dari Paroki Besikama, Jak dan Wekfau langsung turun ke jalan untuk memungut sampah yang berteteran di sepanjang jalan raya Besikama.

Aksi ini juga menjadi bagian penting dalam mendukung salah satu program yang dicanangkan Bupati Malaka dr. Stefanus Bria Seran, MPH yakni “perang melawan sampah”.

Pastor Paroki Besikama, ketika ditanya mengenai baksos yang dilakukan hari ini mengungkapkan, sampah merupakan musuh bersama.

Karena itu, semua orang perlu menjaga kebersihan lingkungan untuk menghindar dari wabah penyakit, terutama persoalan kebersihan lingkungan.

“Baksos seperti ini harus terus digalakan untuk mendukung pemerintah dalam upaya memberantas sampah di lingkungan sekitar kita”, tegasnya.

Aksi pungut sampah dimulai dari halaman depan Gereja Katolik St. Yohanes Baptista Besikama, menyisir sepanjang jalan raya Besikama, menuju kantor Camat Malaka Barat, dan berakhir di area sekitar pasar “loro-loron”. (Ans Dawa/ jgs)