Kapus Kali Bawang Sebut Peran Kapus Sangat Menentukan Kualitas Pelayanan Kesehatan

oleh -1.193 views

Kulon Progo, LikuraiOnline.com — Kualitas pelayanan di Puskesmas sangat ditentukan oleh peran seorang Kepala Puskesmas.

Demikian diungkapkan Kepala Puskesmas Kali Bawang, dr. Theresia Rudatun dalam sambutannya pada acara penyambutan rombongan mangang dari Dinas Kesehatan dan dua Puskesmas di Aula Puskesmas Kali Bawang, Rabu (15/05/2019).

Memurut dokter Theresia, Kepala Puskesmas harus aktif berkomunikasi dengan lintas sektor untuk menemukan masalah-masalah kesehatan yang ada di tengah masyarakat sekaligus mencarikan solusinya.

“Kepala Puskesmas harus rajin cari masalah kesehatan yabg dialami masyarakat tetapi jangan bikin masalah. Maksudnya, harus rajin berkomunikasi dengan kepala desa,  aparat keamanan, LSM dan lain-lain untuk menemukan masalah kesehatan yang ada di tengah masyarakat, lalu mencarikan solusinya”, ujar dr. Theresia.

Kapus Kali Bawang memberikan contoh, bagaimana dirinya membangun komunikasi dengan pemerintah desa untuk mengatasi masalah gizi buruk.

Setelah berkomunikasi dengan kepala desa, lanjut dr. Theresia, ternyata, terungkap bahwa pemerintah desa sudah mengalokasikan anggaran dari dana desa setempat untuk mengatasi gizi buruk tetapi belum tersalurkan dengan baik.

“Kemudian kita sepakati untuk anggaran yang ada di desa tersebut kita kelolah untuk mengatasi persoalan tersebut.

Pihak desa siapkan anggaran, puskesmas siapkan pemgelolaan makanan bergizi untuk penderita kurang gizi yang ada”, ujar dr. Theresia.

Suatu hal yang paling penting dalam mengurus puskesmas, seorang Kepala Puskesmas harus menjaga relasi yang baik dengan stafnya, dan harus terlibat aktif dalam semua kegiatan yang direncanakan dan diselenggarakan puskesmas.

“Intinya, Kepala Puskesmas diharapkan bisa ada di mana-mana. Artinya, dalam setiap kegiatan, kepala harus terlibat. Kalau saya pribadi, saya tidak malu untuk diatur staf supaya bisa terlibat dalam kegiatan yang ada di puskesmas”, pungkasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka, drg. Paskalia Frida Fahik, dalam acara perkenalan rombongan mengapresiasi kesediaan Puskesmas Kali Bawang yang selama 3 tahun terakhir ini menerima rombongan kaji banding dari Malaka.

“Sejak 2017 sudah banyak membantu puskesmas-puskesmas kami dari Kabupaten Malaka. Karena itu, kami haturkan limpah terimakasih atas kesedian dan kerelaan pimpinan dan staf yang sudah menerima kami dan memberikan kesempatan kepada kami untuk belajar di sini.

Kami juga memohon maaf jika dalam beberapa hari ke depan ini ada hal-hal yang tidak berkenan. Kami harap maklum, karena budaya kami orang NTT sedikit kasar dan ini sangat bertolak belakang dengan saudara-saudara di Kali Bawang”, tandas drg. Frida.

Untuk info, rombongan Puskesmas Oekmurak dan Puskesmas Babulu akan melaksanakan magang di Puskesmas Kali Bawang hingga Kamis (16/05/2019).

Sementara, rombongan lain yakni rombongan Puskesmas Alkani dan Puskesmas Bani-Bani melaksanakan kegiatan yang sama di Puskesmas Sentolo I.*(john germanus)