Kapela Stasi St. Alexander  Diresmikan

oleh -1.232 views

Betun, LikuraiOnline.com —- Kapela Stasi Alexander, Paroki St. Antonius Padua Kleseleon, Keuskupan Atambua ditahbis dan diresmikan, Minggu Sore (22/09/2019).

Kapela St. Alrxander tersebut ditahbis oleh Uskup Keuskupan Atambua Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr dan diresmikan oleh Uskup Atambua dan Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH.

Uskup Atambua, Mgr. Dr. Dominikus Saku Pr dalam homili pada Misa Pentahbisan tersebut mengungkapkan, Kapela merupakan tempat Allah menjumpai Manusia dan sebaliknya.

“Melalui pentahbisan Kapela, karya penyelamatan dan cinta kasih Tuhan diperuntukkan bagi semua orang, apabila orang tersebut mau membuka diri terhadap wahyu Tuhan.

Wahyu tersebut adalah bahwa Allah menjadi salah satu di antara kita. Allah tinggal dan berdiam di antara kita. Dan kediaman Allah yang paling konkrit adalah kapela atau Gereja. Gereja menjadi tabernakel besar dimana Allah menjumpai umatnya dan umat menjumpai Allahnya”, ujar Uskup Atambua.

Uskup Atambua mengaku bangga atas kemandirian umat di Stasi Haitimuk yang ditandai dengan persembahan gedung Kapela yang baru.

Pimpinan Gereja Katolik Kabupaten Belu, Malaka dan TTU tersebut juga mengapresiasi perhatian dan dukungan Bupati Malaka dan jajarannya kepada Gereja Katolik di Kabupaten malaka.

Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH mengungkapkan, peristiwa yang terjadi hari ini adalah perisriwa iman yang sangat berahmat bagi semua umat yang hadir. Karena, menurut Bupati Malaka, peristiwa ini langka dan baru kali ini diikuti.

“Terimakasih kepada Bapak Uskup yang sudah memimpin peristiwa berahmat ini dan menjelaskan pada kami secara rinci. Ini merupakan katekese yang sangat detail tentang seluruh rangkaian acara. Saya yakin, 98 Persen dari kita yang hadir belum menyaksikan pebtahbisan altar seperti ini”, ujar Bupati Malaka.

Bupati Malaka juga mengungkapkan, Pemerintah Kabuparten Malaka dibawah kepemimpinannya memberikan perhatian yang luar biasa terhadap pembangunan fisik Gereja dan rumah ibadah lainnya.

Terpantau 10 Imam ikut menemani Uskup Atambua dalam memimpin Misa. Sedangkan di barisan bangku umat, Bupati Malaka dan Ketua TP PKK, Anggota DPRD Provinsi NTT, Ketua Sementara DPRD Kabupaten Malaka, Pimpinan perangkat daerah, Forkompimda, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Undangan serta Umat yang memenuhi bagian dalam dan halaman depan Kapela.

*(john germanus)