Kades Lakekun Barat Manfaatkan Halaman Kantor Desa Jadi Tempat Pemancingan

oleh -1.841 views

Lakekun Barat,Likuraionline.com —  Halaman Kantor Desa  Lakekun Barat, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka yang sering digenangi air saat hujan, kini dimanfaatkan menjadi tempat pemancingan ikan.

Halaman Kantor Desa yang berukuran 165 meter panjang, Lebar 76  meter pada saat ini lagi dalam tahapan pembangunan  untuk  tempat pemancingan.

Kades Lakekun Barat  Luan Martinus mengatakan inspirasi membuat Kolam Pemancingan ini dari hasil studi banding.

Kunjungannya ke daerah lain yang bisa mengangkat potensi desa dengan menciptakan icon sehingga dapat meningkat ekonomi masyarakat desanya.

“Kolam pemancingan ini nanti yang mengelolanya BUMDes. Saya melihat ketika musim kemarau air yang berupa Danau di halaman Kantor Desa ini tidak pernah kering jadi saya terinspirasi untuk buat saja kolam pemancingan sekaligus destinasi wisata keluarga .

Kita akan menyediakan lopo – lopo untuk mereka istirahat dan supaya lebih aman dan tentunya mereka butuh makan dan minum.

Disitulah BUMDes akan berkreasi, kerjasama dengan PKK, Karang Taruna dan seluruh lapisan masyarakat,” kata Luan saat di temui di kantor Desa Lakekun Barat,  Selasa (30/1/2019).

Lebih lanjut Kades tiga periode ini mengatakan untuk mewujudkan lokawisata kolam pemancingan sebagai destinasi wisata keluarga, Desa Lakekun Barat akan melengkapi fasilitas permainan di lokasi tersebut. Ada perahu wisata, dan aneka wahana keratif lainnya.

Selain memancing, sejumlah warga Desa Lakekun Barat memproduksi aneka makanan khas desa.

Sebagian besar makanan khas Desa Lakekun Barat dibuat dari olahan produk pangan berbahan baku lokal, seperti aka bilan yang terbuat dari sagu, pisang, umbi-umbian dan lainnya.

Beragam makanan khas itu dapat menjadi sajian dan oleh-oleh bagi para wisatawan. (PN/user)