Junjung Tinggi Toleransi, Pastor Dan Warga Katolik Di Perbatasan Gelar Buka Puasa Bersama Pos Batas TNI Ailala

oleh -1.452 views

Betun, LikuraiOnline.com —- Toleransi antar umat beragama diamalkan secara nyata oleh warga yang tinggal di wilayah perbatasan Republik Indonesia dan Republik Demokratik Timor Leste.

Pemandangan indahnya toleransi tersebut tampak di Dusun Fukafehan, Desa Alas Utara, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka, Minggu (2/6/2019).

Warga Dusun Fukafehan mengadakan acara buka puasa bersama Danpos Ailala, Sertu Yudi Pramono bersama 10 anggotanya di rumah adat Fukafehan, Minggu (2/6/19).

Ketua adat dusun Fukafehan Bapak Benyamin Suri mengatakan, toleransi antar umat Katolik di wilayahnya dengan Pos TNI yang mengamankan wilayah perbatasan tersebut sudah terbina dengan baik selama ini, sehingga warga menyelenggarakan acara buka pusa bersama tersebut sebagai ungkapan terimakasih sekaligus membina keakraban antara warga dan TNI.

“Pos Ailala telah membantu melaksanakan pengamanan dalam rangka acara keagamaan warga, misalnya perarakan Patung Bunda Maria dari dusun ke dusun di wilayah Desa Alas Utara selama satu minggu ini

Para anggota TNI juga selalu hadir disaat warga masyarakat membutuhkan, sehingga untuk mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Pos Ailala, masih dalam suasana Ramadhan ini masyarakat membuat acara buka bersama”, ujarya.

Acara buka puasa bersama ini dihadiri pula oleh Pastor Proki Alas, Pater Roni, SVD. Pastor Roni mengapresiasi inisiatif dan niat baik umat Katolik di wilayahnya untuk menyelenggarakan acara tersebut. Dirinya berharap, relasi baik yang sudah terjalin seperti ini terus berlanjut dan ditingkatkan.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat, Mayor Inf Hendra Saputra, S.Sos., M.M., M.I.Pol mengatakan, kegiatan antara satgas dengan Masyarakat, walaupun sederhana, tetapi menunjukkan kedekatan satgas dan masyarakat.

“Ini merupakan hal yang luar biasa karena dengan ini, maka setiap kegiatan atau situasi yang ada kedepan nanti kita bisa selalu berasama-sama.

Terutama bagi masyarakat, Satgas akan selalu siap untuk ada membantu kesulitan masyarakat. Inilah wujud nyata hubungan kekeluargaan yang sangat harmonis”, pungkas Dansatgas.*(jgs)