Juara Di Tingkat Kabupaten, SMAN Harekakae Siap Wakili Malaka Dalam Lomba Debat Bindo dan Bing Tingkat Provinsi

oleh -2.510 views

Kepala SMA Negeri Harkakae, Robertus Bria Tahuk, S.Pd, M.Pd

Betun, LikuraiOnline.com —- Dua Tim dari SMA Negeri Harekakae, Kabupaten Malaka keluar sebagai pemenang pada lomba debat Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia tingkat Kabupaten Malaka yang diselenggarakan oleh MKKS SMA Kabupaten Malaka di SMAN Malaka Barat tanggal 1 dan 3 Juni 2019.

Dua Tim yang masing-masing terdiri dari tiga siswa tersebut mengungguli tim-tim lain yang merupakan utusan dari 15 SMA Negeri dan Swasta se-Kabupaten Malaka.

Kepala SMA Negeri Harkakae, Robertus Bria Tahuk, S.Pd, M.Pd kepada media ini di SMA Negeri Malaka Barat, Senin (03/06/2019) mengatakan, prestasi yang diperoleh anak-anak didiknya kali ini merupakan pengulangan prestasi pada lomba yang sama tahun lalu.

“Tahun lalu, anak-anak berhasil menyabet prestasi pada dua mata lomba tersebut. Tahun ini, prestasi tersebut berhasil dipertahankan anak-anak. Sebagai Kepala Sekolah tentu kami bangga dengan preatasi anak-anak ini”, ujar Robert.

Keberhasilan yang dicapai enam siswa tersebut, tandas Robert, tidak terlepas dari kerja keras anak-anak dan tentu peran aktif para guru dalam membimbing anak-anak.

Robert menambahkan, dengan keberhasilan yang diraih dalam lomba tingkat Kabupaten tersebut, SMA Negeri Harekakae memastikan tiket untuk mewakili Kabupaten Malaka pada lomba yang sama di tinkat Provinsi.

“Selanjutnya, anak-anak akan bersaing dengan para siswa lain utusan dari 21 Kabupaten/Kota di NTT untuk mendapatkan tiket ke tingkat nasional”, tambah Robert.

Dengan keberhasilan tersebut, Robert mengaku, pihak sekolah memiliki tanggung jawab ekstra untuk mempersiapkan anak-anak untuk lomba di tingkat provinsi.

“Yang jelas, kita punya tanggung jawab ekstra untuk mempersiapkan anak-anak untuk lomba di tingkat yang lebih tinggi.

Persiapan itu antara lain penguasaan bahasa dan teknik debat, juga kesiapan mental sehingga anak-anak bisa tampil percaya diri”, pungkas Robert.*(john germanus)