Jadi Pilar Kesehatan, Puskesmas Bifo Gelar Penyuluhan Perilaku Hidup Sehat

oleh -386 views

Betun, LikuraiOnline.com — Puskesmas tidak hanya tempat untuk orang-orang sakit, tetapi juga menjadi pilar dan contoh untuk masyarakat agar bisa hidup sehat dan terhindar dari penyakit.

Karena itu, Puskesmas harus memberikan pencerahan kepada masyarakat agar terbiasa hidup sehat.

Hal itu diungkapkan Kepala Puskesmas Biudukfoho (Bifo), Kecamatan Rinhat, Kabupaten Malaka, Andreas Alfonsius Nahak Tahuk kepada wartawan di sela-sela penyuluhan, Kamis (24/10/2019).

Penyuluhan yang dilaksanakan saban pagi tersebut terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS dengan mengangangkat tema yang bervariasi setiap harinya.

Menurut Alfons, penyuluhan tersebut rutin dklaksanakan setiap pagi di instansi yang dipimpinnya tersebut, dengan topik yang berbeda dan orang yang berbeda juga.

“Untuk hari ini, kebetulan hasil pemeriksaan air di beberapa desa di bulan ini ditemukan banyak bakteri.

Maka dari itu saya sebagai kepala puskesmas wajib memberikan informasi untuk menjaga kebersihan air dan harus selalu minum air yang direbus,” jelas Alfonsius.

Terpantau, para pasien yang sedang menjalankan perawatan di Puskesmas Bifo bersama leluarga penunggu serius mendengarkan penjelasan demi penjelasan yang disampaikan oleh petugas terkait perilaku hidup sehat.

Laurensia Makleat, salah satu keluarga pasien yang menghadiri kegiatan sosialisasi pagi itu mengaku senang karena merasa terbantu dengan informasi-informasi yang diperolehnya selama menunggui saudaranya berobat di Puskesmas Bifo.*(john germanus)