Imam Pertama Asal Malaka Merayakan 50 Tahun Imamat

oleh -3.504 views

Betun, LikuraiOnline.com —- Putera Malaka pertama yang menjadi Imam Katolik, Rm. Edmundus Nahak, Pr merayakan 50 Tahun menjadi Imam.

Perayaan Pesta Emas Imamat putera Malaka tersebut diawali dengan Perayaan Ekaristi Kudus di Lapangan Sepak Bola Desa Lorotolus, Wanibesak, Kecamatan Wewiku, Kamis (27/06/2019).

Misa konselebrasi tersebut dipimpin oleh Yubilaris, Rm. Edmundus sebagai selebran utama, juga dihadiri Uskup Emeritus Keuskupan Atambua, Mgr. Anton Painratu, SVD dan 78 Imam.

Sementara, di barisan umat, tampak hadir Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH dan Ketua TP PKK Kabupatrn Malaka, Ny. Beatrix Bria Seran, Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Malaka, Sekretaris Daerah Kabipaten Belu dan ribuan umat lain.

Rm. Emanuel Hane, Pr dalam kotbahnya pada perayaan Ekaristi tersebut menyebut Yubelaris sebagai Imam Allah yang menyerahkan diri secara total kepada Allah.

Romo Eman mengatakan, Romo Edmundus merupakan tokoh perintis pendidikan di Timor Leste. Untuk tugas ini, Romo Mundus mendapat penugasan dari Konfrensi Waligereja Indonesia.

Dalam ungkapan hatinya, Rm. Edmundus mengungkapkan, dalam membangun iman umat, dirinya selalu berpegang pada pesan Santo Arnoldus Yansen, bahwa kalau mau bangun sesuatu, bangun saja. Uang dari saku umat.

Romo Mundus juga membagikan pengalamannya menghidupkan kembali pendidikan dasar di Timor-Timur pasca Integrasi tahun 1979. Juga mengurus Yayasan Pendidikan Umat Katolik Belu (Yasukab) dan yang terdekat adalah membangun Yayasan yang mengurus SMP dan SMA Gabriel Wanibesak.

Bipati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH, dalam sambutannya mengungkapkan terimakasih berlimpah kepada Yubilaris atas jeripayahnya melayani umat selama 50 tahun.

“Atas nama pemerintah di tiga Kabupaten yang menjadi wilayah Keuskupan Atambua, yakni Kabupaten Malaka, Belu dan TTU menyampaikan limpah terimakasih kepada Romo Mundus sudah melayani warga selama 50 tahun.

Pemerintah juga memintah maaf jika ada hal yang tidak menyenangkan hati Romo Mundus selama ini”, ujar Bupati Malaka.

Untuk info, Romo Edmundus Nahak, Pr ditahbiskan menjadi Imam Katolik di Kota Betun pada tanggal 29 Juni 1969.

Romo Mundus pernah bertugas di Timor-Timur, menjadi Vikjen Keuskupan Atambua, Ketua Yasukab dan Yayasan Gabriel Wanibesak.*(john germanus)