Fukun Laetua Bauna: Kami Mau Hidup Damai Apa Adanya

oleh -1.868 views

Betun, LikuraiOnline.com — Suhu politik yang memanas pasca Pemilu 17 April 2019 ditanggapi tua adat Wewiku, Kabupaten Malaka.

Fukun (tua adat) Laetua Bauna, Ferdinandus Seran yang ditemui wartawan di Rumah Adat Laetua di Weoe, Kecamatan Wewiku, Sabtu (18/05/2019) mengungkapkan masyarakat adat di wilayahnya ingin hidup damai apa adanya.

Menurut Ferdinandus, apapun hasil pemilu baik pemilu presiden, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten maupun DPD adalah hasil yang dicapai masyarakat Indonesia seluruhnya.

Karena itu, menurut Ferdinandus, seluruh warga Indonesia, termasuk di Wewiku harus menghargai hasil tersebut, apakah calon yang didukungnya menang atau kalah.

“Pemilu sudah selesai, calon pemimpin baik eksekutif maupun legislatif sudah terpilih. Seluruh masyarakat harusnya mendukung pemimpin yang terpilih, entah pemimpin tersebuy didukung atau tidak didukung waktu pemilu”, ujar dia.

Ferdinandus menambahkan, situasi maayarakat Weoe dan sekitarnya kondusif hingga saat ini.

Karena itu dia menghimbau, agar warga tidak terpengaruh dengan situasi atau hal-hal lain yang bersifat provokatif yang mau memecah-belah kehidupan bermasyarakat.

“Himbauan saya, agar warga tetap tenang, beraktifitas seperti biasa”, himbau Laetua.

Pantauan media ini, situasi di sekitar Weoe dan Wewiku aman dan kondusif. Aktifitas warga tetap berjalan seperti biasa. Warga tetap menjalankan rutinitas hariannya dengan baik dan lancar.*(john germanus)