Dinkes Malaka Gelar OJT Bagi Tenaga Penyemprot Nyamuk

oleh -466 views

Betun, LikuraiOnline.com — Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka menggelat On the Job Training bagi tenaga-tenaga penyemprot nyamuk Malaria di Desa Lamea, Kecamatan Wewiku, beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka, drg. Paskalia Frida Fahik, kepada wartawan mengungkapkan, target on the job training atau pelatihan tersebut adalah petugas dari dua desa, yakni Desa Lamea dan Desa Alkani, masing-masing 10 orang.

“Itu pelatihan bagi tenaga penyemprot nyamuk malaria di Desa Lamea dengan pelatih dari Dinkes ProvinsibNTT dan Dinkes Kabupaten Malaka.

Target kita 20 orang untuk 2 desa, yakni Desa Alkani dan Desa lamea, masing-masing 10 orang. Tetapi dari Desa Alkani hanya 2 orang, sehingga penyemprotan di Alkanib akan dibantu petugas dari Lamea”, ujar Kadinkes.

Kadinkes menambahkan, kegiatan penyemprotan sudah dimulai Senin (29/10/2019) di Desa Lamea. Seauai rencana, penyemprotan di satu desa akan memakan waktu kurang lebih selama 10 hari.

Selain melakukan penyemprotan, para petugas juga melakukan penangkapan nyamuk Anopeles penular Malaria untuk menilai tingkat penularan dan identifikasi apakah nyamuk yang ada mengandung plasmodium malaria.

“Ada juga penangkapan nyamuk yang ada untuk ditelit, apakah di dalam tubuh nyamuk yang ada mengandung plasmodium malaria atau tidak”, tambah Kadinkes.

Target penyemprotan tersebut, kata Kadinkes, direncanakan selesi sebelum musim penghujan dan akan di lanjutkan bulan April dan Oktober selama 3 tahun.*(john germanus)