Dinas TPHP Dan Tim Pakar RPM Dampingi Petani Siapkan Sayur Untuk Kebutuhan Kontingen EMTC

oleh -1.104 views

Betun, LikuraiOnline — Niat Pemerintah Kabupaten Malaka untuk memberdayakan ekonomi masyarakat petani Kabupaten Malaka melalui suplay kebutuhan pangan bagi kontingen El Tari Memorial Cup 2019 mendapat sambutan antusias dari petani Malaka.

Petani sayur yang tergabung dalam Kelompok Tani Tuakesi, Desa Harekakae dan Kelompok Tani Karya Maju Desa Kamanasa,  Kecamatan Malaka Tengah menyatakan siap memasok aneka sayuran untuk konsumsi kontingen dalam turnamen dimaksud.

Ketua Tim Pakar Revolusi Pertanian Malaka, Dr. Herry Kotta, kepada wartawan di Betun, Kamis (11/04/2019) mengatakan, benih sayuran yang akan ditanam dibantu dari Dinas Pertanian Malaka dan didampingi PPL dan atas arahan tim pakar RPM.

“Berbagai jenis benih sayur akan disiapkan oleh Dinas Pertanian  dan kami akan dorong petani untuk tidak menggunakan bahan kimia terutama pestisida kimia” jelas Dr. Herry Kotta.

Ketua Kelompok Tani (Poktan) Tuakesi, Agustina Rika Nahak mengatakan, dirinya bersama 16 rekannya siap untuk mendukung suplay sayuran untuk kontingen dari semua Kabupaten/ Kota se-NTT yang akan datang ke Malaka.

“Kita di Poktan Tuakesi ini punya lahan seluas 1,7 ha, yang akan  dijadikan lahan untuk aneka sayuran, yang akan disuplay untuk konsumsi  kontingen sepakbola yang datang ke Malaka bulan”,  jelas Agustina.

Hal senada diungkapkan Ketua Poktan Karya Maju, Antonius Rudi.

Menurut Rudi,  ada sekitar 5 Hetar layan sayur milik 3 Kelompok Tani di wilayah Kamanasa, yang siap dimanfaatkan untuk  penanaman aneka sayuran.

“Kami akan menekan penggunaan pestisida kimia sehingga sayur yang dipasok untuk atlet dan kontingennya adalah sayur yang bermutu”,  tutur Rudi.

Secara terpisah, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Malaka, Ir. Yustinus Nahak, S.Ip menjelaskan, selain menyediakan bibit, pihaknya akan mengatur waktu tanam.

“Waktu tanamnya akan kita atur, sehingga selama kurang lebih satu bulan selama penyelenggaraan El Tari  Memorial Cup, kebutuhan sayur untuk kontingen bisa  terpenuhi”,  jelas Yustinus*(john germanus)