Dinas PUPR Malaka Benahi Bahu Jalan Di Sumber Air Tubaki Yang Tergerus

oleh -1.432 views

Betun, LikuraiOnline.com —– Curah hujan yang cukup tinggi beberapa minggu terakhir ini menyebabkan tergerusnya bahu jalan strategis Nasional yang melintas di sisi sumber air Tubaki, Desa Wehali, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka.

Aliran air hujan yang menyeberangi badan jalan tersebut menggerus bahu jalan sehingga berpotensi menyebabkan kerusakan pada badan jalan.

Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH yang melintas di ruas jalan tersebut, Kamis (23/05/2019) mengisntruksikan Dinas Pekerjaan Umum untuk segera membenahi bahu jalan tersebut.

Menindaklanjuti instruksi tersebut, Dinas Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Malaka, melalui Seksi Jalan pada Bidang Bina Marga telah melakukan penanganan pada bahu jalan dimaksud.

Pantauan media ini, Kamis malam (23/05/2019) beberapa staf Bina Marga antara dipimpin Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Marsel Seran dan Kepala Seksi Jalan, Adrianus Bria tampak menimbun bahu jalan tersebut secara manual.

Kepada wartawan, Marsel Seran mengungkapkan, pihaknya diperintahkan untuk membenahi bahu jalan tersebut agar tidak terjadi kerusakan yang lebih besar pada badan jalan.

“Hujan yang cukup intens beberapa minggu terakhir membuat bahu jalan tergerus. Ini kalau tidak segera ditangani berpotensi menimbulkan kerusakan lebih parah pada badan jalan.

Karena itu, Bapak Bupati perintahkan supaya segera dibenahi sebelum menimbulkan kerusakan lebih besar”, ujarnya.

Secara terpisah, Kepala Dinas PUPR Kabupatrn Malaka, Yohanis Nahak yang dikonfirmasi di Betun, Jumat (24/05/2019) mengungkapkan, Bupati Malaka memberikan perhatian yang cukup besar pada jalan-jalan yang sudah dibangun di Kabupaten Malaka ini.

“Bapak Bupati sangat perhatian terhadap kondisi jalan yang sudah ada. Beliau inginkan supaya jalan-jalan yang sudah dibangun dapat dijaga sehingga bisa dinikmati hingga anak cucu.

Karena itu, beliau selalu perintahkan kepada kami untuk segera melakukan penanganan seperlunya bila ada kerusakan yang berpotensi menyebabkan kerusakan yang lebih besar”, ungkap Yohanis.

Catatan media ini, sudah beberapa kali Dinas PUPR melakukan penangan darurat terhadap beberapa ruas jalan di Kota Betun dan sekitarnya. Sebelumnya, Dinas yang sama mengalihkan genangan air di badan jalan sepanjang ruas jalan negara Betun – Haitimuk.*(john germanus)