Dilanda Banjir, Warga Metamauk Minta Pemkab Malaka Benahi Saluran Air

oleh -1.430 views

Betun, LikuraiOnline.com –— Warga Dusun Weluli dan Dusun Metamauk Oan, Desa Alas Selatan, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka dilanda Banjir Bandang muntahan dari Kali Babulu, Rabu (13/3/2019).

Warga Dusun Weluli yang ditemui di lokasi banjir, Kamis (14/3/2019) menuturkan, hujan deras melanda daerah tersebut dan sekitarnya sejak sore.

“Sorenya hujan sampai malam. Sekitar jam 7 malam hujan berhenti. Kemudian ada ribut-ribut. Ternyata terjadi banjir “, tutur Adriano Lopes diamini warga lainnya.

Banjir bandang tersebut, tutur warga terjadi sekitar 2 jam dan setinggi pinggang orang dewasa.

Banjir bandang tersebut, menurut warga, ditengarai karena rendahnya bronjong penahan di kali Babulu dan saluran air yang membelah dusun Weluli.

“Bronjong di kali Babulu itu sudah rendah sehingga air meluap keluar. Jadi harapan kita, Pemerintah bisa atasi itu”, kata Alfonsius Taran, warga lainnya.

Selain itu, saluran yang mengalirkan air menuju laut sudah mendangkal dan sempit, sehingga air buangan dari kali gampang meluap dan menggenangi rumah warga.

Pantauan media ini di lapangan, sekitar 28 rumah warga terendam banjir. Saluran air yang dikeluhkan warga, persis di belakang SDN Metamauk sangat dangkal dan sempit.

Tidak ada korban jiwa, tetapi warga terdampak masih menjemur barang-barang rumah tangga di luar rumah.

Hingga berita ini diturunkan, Kepala Desa Alas Selatan belum bisa dikofirmasi.*(ama)