Dengan ADD 2019, Pemdes Kusa Bangun Jaringan Air Bersih

oleh -907 views
Kepala Desa Kusa, Yustina Bete Riu

Betun, LikuraiOnline.com — Pemerintah Desa (Pemdes) Kusa, Kecamatan Malaka Timur memanfaatkan ADD untuk membangun jaringan air bersih, guna mengurai kesulitan warga desa setempat akan kebutuhan air bersih.

Demikian disampaikan Kepala Desa Kusa, Yustina Bete Riu, ketika dikonfirmasi wartawan di kantornya, Selasa (29/10/2019) mengungkapkan, rencana pembagunan jaringan air bersih tersebut telah melalui perencanaan melalui Musrenbangdes tahun sebelumnya.

Yustina menjelaskan, selama ini memang sudah ada jaringan yang dibangun dari Sumber Air Oe Baat di Desa Nauke Kusa menuju Desa Kusa namun rusak karena faktor alam.

“Sebenarnya sudah ada pipanisasi dari sumber air Oe Baat di Desa Naukekusa. Tapi karena sudah lama dan faktor alam, sehingga rusak dan tahun lalu kami rencanakan untuk rehab tahun ini dengan anggaran Dana Desa,” kata Yustina.

Dari Sumber Air Oe Baat, tambah Yustina, air dialirkan ke bak penampung utama, lalu diteruskan ke beberapa bak kecil yang akan segera disiapkan di beberapa lokasi pemukiman warga.

Yustina berharap, pembangunan jaringan air tersebut bisa menjadi solusi atau jawaban bagi kesulitan warga di desanya selama ini.

Catatan wartawan, warga lima dusun di Desa Kusa yang menjadi langganan kesulitan air bersih, terutama pada musim kemarau seperti saat ini, yakni Dusun Buitero, Dusun Oabesi,  Dusun Tuaninu, Dusun Taisuni dan Dusun Naibesi

Informasi yang berhasil dihimpun media ini, jaringan air yang dibangun Pemerintah Desa Kusa tersebut tidak hanya dimanfaatkan warga desa setempat, tetapi juga dimanfaatkan warga desa tetangga.*(john germanus)