Delapan  Kabupaten di NTT Sudah Tanda Tangan NPHD Untuk Sukseskan Pilkada Serentak 2020

oleh -402 views

Kupang, LikuraiOnline.com— Delapan dari sembilan Kabupaten di Provinsi NTT yang akan menggelar Pilkada serentak pada tahun 2020 mendatang sudah Tanda Tangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan siap menyukseskan Pemilihan kepala Daerah serentak Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 mendatang.

Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi NTT Thomas Dohu saat menggelar Jumpa Pers bersama awak media mengenai perkembangan tahapan Pemilihan Kepala Daerah yang dilaksanakan tahun 2020, di Aula KPU Provinsi NTT,Senin 14/10/2019.

Ketua KPU Provinsi NTT Thomas Dohu menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu tahapan menghadapi pemilihan kepala daerah yang akan digelar tahun 2020.

Pemilihan kepala Daerah serentak akan diadakan pada sembilan Kabupaten yakni Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Timor Tengah Utara, Kabupaten Malaka, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Belu, Kabupaten Ngada, Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Manggarai Barat, dan Kabupaten Manggarai.

Delapan Kabuppaten yang telah menandatangani NPHD yakni Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Timor Tengah Utara, Kabupaten Malaka, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Belu, Kabupaten Ngada, Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Manggarai Barat sementara Kabupaten Manggarai belum melakukan tandatangan NPHD.

NPHD ditandatangani oleh Bupati dan Ketua KPU Kabupaten dari 8 Kabupaten, setelah KPU bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD ) membahas bersama Rencana Kebutuhan Anggaran Pemilihan Serentak 2020 yang diajukan oleh KPU Kabupaten, dengan merujuk pada standar harga dan kebutuhan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, yang ditetapkan Ketua KPU setelah berkoordinasi dengan Menteri Keuangan.

Delapan Kabupaten yang sudah menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) pertanda mendukung penuh penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serentak tahun 2020.

Thomas Dohu menegaskan untuk Kabupaten Manggarai Pemerintah telah menerima rincian kebutuhan anggaran yang diajukan KPU Manggarai yakni sebesar Rp.34 Miliar untuk 750 TPS dan 29 Miliar untuk 700 TPS.

Namun pihak Pemerintah Manggarai menyatakan hanya menyanggupi 15,225 Miliar sesuai kemampuan keuangan daerah.  Belum adanya pembahasan lebih lanjut antara TAPD dengan KPU Manggarai.  (Narty).