Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif 741/GN Resmikan  Bedah Rumah Warga Perbatasan

oleh -1.495 views

Betun, LikuraiOnline.com —– Tentara Nasional Indonesia (TNI) merupakan bagian tak terpisahkan dari rakyat Indonesia.

Hal itu diungkapkan Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif 741/Garuda Nusantara, Mayor (Inf) Hendra Saputra, S.Sos, MM, M.Ipol dalam sambutan pada acara pengresmian bedah rumah di Desa Kotabiru, Kecamatan Kobalima Tiur, Kamis (21/3/2019).

Hendra berharap, warga tidak melihat TNI sebagai aparat negara yang harus ditakuti, tetapi sebagai bagian dari rakyat.

“Kami berasal dari rakyat dan akan kembali kepada rakyat. Kami ini bagian dari rakyat, karena itu kami selalu minta restu dan dukungan warga agar kami sehat dan selamat dalam menjalankan tugas”, ujar Mayor Hendra.

Karena merasa bagian dari masyarakat, tambah Hendra, pihaknya terdorong oleh rasa kemanusiaan untuk ikut merasakan apa yang dirasakan masyarakat termasuk menyiapkan hunian yang layak kepada masyarakat.

“Rakyat sakit, TNI juga sakit. Rakyat senang, TNI senang. Karena itu di masa tugas kami, kami diberi tugas dari atasan untuk membedah rumah sebanyak 12 unit di 3 Kabupaten yang menjadi wilayah tugas kami, yaitu Kupang, TTU dan Malaka”, tandasnya.

Hendra menambahkan, dari target 12 rumah tersebut, rumah milik bapak Hironimus Mauk dan keluarga di Kotabiru tersebut merupakan rumah keempat, setelah 2 unit masing-masing di Napan Bawah dan Aplal, Kabupaten TTU dan 1 unit lagi di Laenmanen, Malaka.

Sedangkan 4 unit lagi akan segera rampung dan diresmikan pada awal bulan April ini.

Keluarga yang menerima uluran kasih pasukan pengaman batas tersebut mengaku bahagia sekaligus terharu.

“Tiada kata lain selain terimakasih dan maaf bila dalam kegiatan bedah rumah selama kurang leih 9 hari ini ada hal yang kurang berkenan.

Pasukan Satgas ini sudah menjadi bagian dari keluarga kami”, tutur perwakilan keluarga Hironius Mauk.

Hal senada diutarakan Camat Kobalima Timur sekaligus Penjabat Kepala Desa Kotabiru, Wens Leky.

Wens mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi niat baik dan kebijakan Satgas yang telah memilih Kotabiru sebagai salah satu contoh bedah rumah.

“Sebagai masyarakat dan pemerintah, saya ucapkan limpah terimakasih. Bedah rumah ini menjadi inspirasi dan dorongan buat kami.

Harapan kami, pasukan Satgas tetap bersosialisasi dan tetap membaur dengan masyarakat”, tandas Wens.

Untuk info, selain bedah rumah, Satgas Pamtas Garuda Nusantara telah terlibat dalam pembangunan MCK di beberapa tempat ibadah dan pembangunan pagar gereja, masjid dan Sekolah.*(Jon Germanus)