BWS NT II Bangun 42 Embung Serbaguna di NTT

oleh -2.447 views
Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Bendungan pada BWS NT II, Marthen L.Tella,ST.,M.Si

Kupang,Likuraionline.com—Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara II, Provinsi NTT  membangun 42 embung serbaguna di wilayah Provinsi NTT pada tahun anggaran 2019.  Embung-embung yang dibangun pada tahun ini  tersebar di wilayah NTT.

Demikian dikemukakan Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Bendungan pada Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II, Marthen L. Tella,ST.,M.Si kepada wartawan www.likuraionline.com Selasa, 29 Januari 2019.

Ia menjelaskan,  total Anggaran yang dialokasikan dari APBN Tahun 2019  untuk pembangunan 42 embung serbaguna di NTT sebesar Rp.127 Miliar lebih.

Embung-embung yang dibangun tahun ini merupakan embung serbaguna sehingga multi fungsi yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kebutuhan air bersih, pertanian, peternakan dan irigasi.

Mantan PPK PKSDA 1 ini mengatakan,  42 embung serbaguna yang dibangun di NTT pada tahun 2019 rinciannya sebagai berikut, 6 buah embung serbaguna di bangun di Kabupaten Kupang dengan rincian 5 buah embung dibangun di daratan Kabupaten Kupang dan satu embung serbaguna untuk keperluan irigasi dan air baku di Pulau Semau.

6 buah embung serbaguna di bangun di Kabupaten Malaka, 6 embung serbaguna dibangun di Kabupaten Timor Tengah Selatan, 6 buah embung serbaguna dibangun di Kabupaten Timor Tengah Utara.

6 buah embung serbaguna dibangun di Kabupaten Sabu Raijua, 4 buah embung serbaguna di bangun di Kabupaten Alor, 3 buah embung serbaguna di bangun di Kabupaten Ngada.

3 buah embung serbaguna di bangun di Kabupaten Nagekeo, 1 buah embung irigasi dan air baku di bangun di Kabupaten Manggarai Barat, 1 buah embung serbaguna di bangun di Kabupaten Sumba Timur.

Mantan Kasatker PJSA pada Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II ini menambahkan, selain pembangun embung serbaguna yang baru,  BWS NT juga meningkatkan kapasitas beberapa buah embung serbaguna di Pulau Sumba.   (Yulius)