Bupati Malaka Pantau Persiapan Lahan Untuk Pembangunan Puskesmas Weliman

oleh -1.370 views

Betun, LikuraiOnline.com –— Puskesmas Weliman di Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka yang akan segera dibangun pada tahun anggaran 2019  adalah Puskesmas Prototype Nasional.

Hal itu diungkapkan Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH kepada awak media ketika meninjau persiapan lahan untuk pembangunan Puskesmas Weliman, Sabtu (13/04/2019).

Bupati menandaskan, tujuan kunjungan tersebut untuk memastikan, apakah lahan yang ada  sudah cukup untuk pembangunan puskesmas dimaksud.

“Saya hanya mau pastikan, apakah tanah yang ada cukup untuk membangun Puskesmas Prototype berstandar nasional. Dan seperti kita saksikan tadi, ternyata cukup”, tandas Bupati.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka, drg. Paskalia Frida Fahik menjelaskan, Puskesmas Weliman yang akan dibangun adalah puskesmas non rawat inap.

“Itu (bakal puskesmas Weliman, red) hanya satu lantai, karena non rawat inap”, jelas Frida.

Turut dalam kunjungan peninjauan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka dan beberapa stafnya serta Pimpinan Perangkat Daerah.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, total Puskesmas yang ada di Kabupaten Malaka adalah 20 Puskesmas yang tersebar di 12 Kecamatan.

Dari 20 Puskesmas tersebut, 8 diantaranya sudah memiliki gedung prototype nasional. Tahun 2019 ini akan dibangun 2 puskesmas lagi, sehingga masih tersisa 10 puskesmas yang akan di bangun oleh Pemda Malaka. *(john germanus)