Bupati Malaka Hadiri Misa Malam Natal Di Kapela Kletek, Pemkab Dukung Pembangunan Kapela Kletek

oleh -781 views

Betun, LikuraiOnline.com —– Pemerintah Kabupaten Malaka akan mendukung pembangunan sarana ibadah Kapela Stasi Santo Fransiskus Asisi Kletek di Desa Kletek, Kecamatan Malaka Tengah.

Dukungan dimaksud adalah alokasi anggaran atau dana hibah untuk membantu meringankan beban umat Katolik di Kletek yang sedang membangun dan memgembangkan sarana peribadatannya secara swadaya.

Hal itu ditegaskan Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH dalam sapaannya usai Misa Malam Natal di Kapela Stasi St. Fransiskus Asisi Kletek, Selasa Malam (24/12/2019).

Menurut Bupati Malaka, Pemkab akan mengalokasikan 2-5 persen APBD untuk mendukung pembangunan infrastruktur atau sarana peribadatan, karena tugas pemerintah adalah menyediakan fasilitas untuk mendukung pelayanan kepada rakyat, termasuk pelayanan kepada umat beragama.

Untuk Kapela Kletek yang dimanfaatkan oleh warga dua desa, yakni Desa Kletek dan Desa Suai, dengan jumlah umat sekitar 3 Ribuan jiwa, sesuai kebutuhan umat, Pemkab Malaka akan menyediakan dana untuk mendukung pembangunan Rumah Pastoran, Renovasi gedung gereja dan pembangunan pagar tembok.

“Sesuai permintaan, Pemerintah akan bantu untuk pembangunan rumah pastoran, renovasi gedung kapela dan kalau ada lebih, bisa untuk bangun pagar.

Pembangunan rumah pastoran penting untuk perkembangan ke depan. Karena, kalau Kletek mau jadi Paroki, salah satu syaratnya harus ada rumah pastoran”, ungkap Bupati Malaka.

Sebelumnya, umat Stasi Kletek, melalui Ketua panitia Natal, Petrus Fahik, dalam sapaannya menyampaikan permohonan dukungan Pemkab Malaka terhadap pembangunan dan pengembangan Kapela Stasi Kletek.

Petrus juga, atas nama umat, mengapresiasi kebijakan pembagunan Bupati SBS yang sudah memperhatikan perkampungan Kletek serta warga dua Desa yang mendiami perkampungan tersebut.

“Hari ini, kami umat stasi Kletek melonjak kegirangan, menyambut kehadiran Bapak Bupati di tengah-tengah kami.

Terimakasih banyak atas pembangunan di kampung kami, Kletek, yakni aspal yang masuk sampai ke laut dan jalan rabat masuk ke kapela.

Kami juga berterimakasih atas program balik tanah gratis, program Revolusi Pertanian Malaka”, ungkap Petrus.

Bupati Malaka menghadiri Misa Malam Natal di Kletek bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Malaka, Donatus Bere, SH bersama para pejabat lingkup Setda Malaka, Pimpinan Perangkat Daerah dan staf, Staf Ahli Bupati dan Ketua TP PKK, Ny. Beatriks Bria Seran serta keluarga.*(john germanus)